Cara Cepat Mengeringkan Luka Jahitan Pasca Melahirkan

Pasca Melahirkan

Perhatian ibu mungkin akan terfokus pada si kecil yang baru hadir, tapi penting untuk diingat bahwa tubuh ibu juga membutuhkan perhatian khusus pasca melahirkan

Proses persalinan, baik melalui operasi caesar (C-section) maupun persalinan normal, tidaklah mudah. Tubuh ibu akan bekerja keras selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari dalam proses persalinan agar si buah hati dapat hadir di dunia ini.

Selama proses persalinan, tubuh Anda mengalami trauma yang membutuhkan waktu untuk pulih. Pemulihan pasca persalinan bisa memakan waktu berbulan-bulan. Meskipun demikian, banyak wanita merasa sebagian besar pulih dalam rentang waktu 6-8 minggu.

Berikut beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan pasca melahirkan.

Panduan Mempercepat Penyembuhan Luka Jahitan Setelah Melahirkan

Ketika Anda meninggalkan rumah sakit setelah melahirkan pervaginam (persalinan normal), dokter memberitahu beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama proses penyembuhan pasca persalinan. Beberapa diantaranya: 

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

  • Untuk menjaga jahitan tetap bersih
  • Menghindari mengejan saat buang air kecil atau tinja
  • Tidak duduk dengan paha terbuka lebar.

Dokter juga akan memberitahu Anda untuk menghindari pekerjaan berat dalam beberapa hari pertama, karena dapat membuat jahitan Anda tegang. Untuk pulih sepenuhnya, yang terbaik adalah tetap aktif dan bergerak tetapi juga banyak istirahat.

Baca Juga : Intrauterine Fetal Death (IUFD), Ketika Janin Mati di Dalam Kandungan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menyembuhkan jahitan dan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit setelah melahirkan, adapun caranya adalah sebagai berikut: 

1. Jaga Luka Jahitan Tetap Bersih

Hal paling penting yang perlu menjadi perhatian ibu setelah melahirkan adalah menjaga luka jahitan bersih. Sangat penting untuk menjaga jahitan Anda tetap bersih. Ini akan mengurangi kemungkinan terkena infeksi. Ganti pembalut Anda sesering mungkin dan cuci tangan Anda sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

2. Kompres Luka Jahitan dengan Air Dingin

Untuk dapat meringankan nyeri dan bengkak di area jahitan, Anda dapat menempelkan kompres dingin pada area jahitan selama sekitar 10 menit. Lakukan setiap harinya beberapa kali dalam sehari untuk membantu mengurangi rasa nyeri. 

Namun, perlu menjadi perhatian ibu bahwa pastikan tidak menempelkan es batu secara langsung pada area kulit atau luka jahitan karena dapat menambah rasa nyeri. Beri jeda minimal 1 jam untuk kembali mengompres area luka jahitan pasca melahirkan.

3. Bersihkan Luka Jahitan dengan Air Hangat

Setiap kali Anda ingin pergi ke toilet, ambillah secangkir air hangat yang telah Anda tambahkan sedikit antiseptik yang direkomendasikan oleh dokter. Gunakan air tersebut untuk membersihkan luka jahitan. Tuangkan perlahan di atas jahitan saat Anda sedang duduk di toilet.

Jangan lupa untuk selalu mengeringkan area luka setiap kali Anda pergi ke toilet. Untuk mengeringkan luka setelah dibersihkan, Anda bisa menepuk-nepuknya secara perlahan dengan kain atau handuk berbahan halus hingga kering. Jangan pernah membiarkan luka Anda basah karena itu bisa menyebabkan infeksi dan membuat penyembuhan lebih lama.

4. Mandi dengan Air Hangat

Mandi setiap hari dapat membantu menjaga jahitan Anda tetap bersih. Anda direkomendasikan untuk mandi dengan air hangat untuk membantu meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan.

Anda dapat duduk di dalam bak air hangat yang telah ditambahkan antiseptik. Air hangat akan memberikan efek menenangkan pada area tersebut dan membantu mengurangi pembengkakan sementara antiseptik akan membantu mencegah infeksi dan kuman. Pastikan Anda mengeringkan area tersebut dengan lembut setelahnya. Semakin kering luka jahitan, semakin cepat proses penyembuhannya.

5. Ganti Pembalut Secara Berkala

Selama perdarahan nifas berlangsung, ibu disarankan untuk menggunakan pembalut. Penting untuk dicatat, penggunaan pembalut harus segera diganti setelah 2 sampai 4 jam pemakaian. Hal ini untuk menghindari terjadinya infeksi pada vagina. 

Gunakan pembalut yang berbahan halus dan tidak mengandung pewangi, tidak menimbulkan alergi (hipoalergenik), dan memiliki pH seimbang. Penggunaan tampon sebaiknya dihindari selama 6 minggu pertama setelah melahirkan.

6. Jaga Asupan Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan dan nutrisi yang baik menjadi hal yang penting untuk ibu pasca melahirkan. Terutama untuk ibu yang memberikan ASI eksklusif pada bayinya

Saat menyusui, Anda  menjadi sumber utama nutrisi bagi si kecil. Mengonsumsi berbagai jenis makanan akan menjaga kesehatan bayi Anda dan membantu Anda pulih dengan lebih baik.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saat menyusui dapat memberikan rasa pada ASI yang meningkatkan kesenangan dan konsumsi ASI.

Selain itu, pastikan Anda minum cukup cairan. Anda membutuhkan cairan tambahan untuk meningkatkan produksi ASI dan menghindari sembelit pasca melahirkan.

Nah, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan setelah melahirkan. Kemudian, Anda sebaiknya menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengalami:

  • Gejala infeksi.
  • Kesulitan mengontrol buang air besar setelah robekan yang parah.
  • Nyeri hebat saat buang air kecil, atau frekuensi buang air kecil yang meningkat.
  • Banyak darah yang dikeluarkan di pembalut atau mengeluarkan gumpalan darah besar.
  • Nyeri parah di perut bagian bawah, vagina, atau perineum.

Kemudian Anda juga perlu segera menghubungi dokter jika merasa sedih atau memiliki suasana hati yang tidak kunjung membaik pasca melahirkan, terutama jika Anda memiliki pikiran untuk menyakiti bayi atau diri sendiri.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Baby Center. Diakses 2023. How should I take care of my stitches after a vaginal delivery?
    https://www.babycenter.in/x1046169/how-should-i-take-care-of-my-stitches-after-a-vaginal-delivery
  • Healthline. Diakses 2023. Taking Care of Vaginal Tears After Delivery
    https://www.healthline.com/health/pregnancy/treatment-vaginal-cervical-lacerations
  • Family Doctor. Diakses 2023. Recovering from Delivery (Postpartum Recovery)
    https://familydoctor.org/recovering-from-delivery/
  • Healthline. Diakses 2023. 6 Tips for a Fast C-Section Recovery
    https://www.healthline.com/health/pregnancy/c-section-tips-for-fast-recovery
  • https://karger.com/anm/article/70/Suppl.%203/17/42393/Flavor-Perception-and-Preference-Development-in
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji