Peran Zinc pada Buah yang Punya Peran Penting

Peran Zinc pada Buah yang Punya Peran Penting

Zinc merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peran penting terhadap sistem reproduksi wanita dan pria, sehingga dapat membantu untuk meningkatkan kondisi kesuburan.

Ketika Ayah Bunda merencanakan program hamil maka penting untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, salah satunya zinc. Zinc atau seng adalah nutrisi yang berperan dalam menjaga siklus menstruasi serta tingkat kesuburan pada wanita.

Selain itu, zinc juga memiliki peran penting pada pria, yaitu dalam proses produksi hormon kesuburan serta kualitas air mani sperma pada pria.

Oleh sebab itu, pria dan wanita yang sedang menjalani program hamil perlu mengonsumsi zinc sesuai dosis yang dianjurkan. Dosis zinc yang disarankan untuk wanita sebanyak 10 mg sedangkan pada pria sebanyak 13 mg.

Baca juga: 5 Buah untuk Promil yang Bisa Meningkatkan Kesuburan 

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Asupan zinc ini bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan, seperti gandung utuh, dark chocolate, telur, kentang, kacang-kacangan, susu dan produk olahannya, udang, serta kerang.

Ayah Bunda juga bisa memenuhi kebutuhan zinc dengan mengonsumsi suplemen. Namun, nutrisi tersebut juga bisa didapatkan dari beberapa jenis buah-buahan. Pasalnya, beberapa jenis buah kaya akan zinc yang penting untuk tubuh.

Buah yang Kaya Akan Zinc

Berikut beberapa jenis buah yang mengandung zinc tinggi. Selain memiliki peran terhadap kesehatan, zinc juga berperan untuk kesuburan.

1. Alpukat

Tidak hanya kaya akan asam folat dan omega-3, alpukat juga mengandung zinc tinggi. Menurut Food Data Central, per 100 gram alpukat mengandung 0,6 mg zinc. Selain itu, alpukat juga kaya akan asam folat, lemak tak jenuh, hingga serat yang memiliki peranan penting untuk organ reproduksi.

2. Kiwi

Salah satu buah yang mengandung zinc tinggi adalah kiwi. Selain antioksidan, kiwi mengandung 0,14 mg dalam 100 gramnya. Kiwi merupakan buah yang baik untuk meningkatkan kondisi kesuburan karena kandungan folatnya dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan mengurangi risiko bayi cacat lahir.

3. Jeruk

Ingin memenuhi kebutuhan zinc pada tubuh? Jeruk menjadi salah satu sumber buah yang mengandung zinc tinggi. Menurut Data Komposisi Pangan, dalam 100 gram buah jeruk mengandung 0,2 mg zinc yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zinc pada dewasa.

Baca juga: 5 Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

4. Melon jingga

Kandungan zinc pada buah melon jingga terbilang tinggi yaitu 1,5 mg. Tidak hanya itu, buah melon jingga juga kaya akan vitamin C, sebanyak 75% dalam 177 gr. Vitamin C sendiri berperan sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah stres oksidatif dan membantu meningkatkan kesuburan.

5. Delima

Buah delima adalah salah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat program hamil. Kandungan zinc pada buah delima cukup tinggi yakni 0,4 mg. Zinc sendiri baik untuk sistem reproduksi pria dan juga wanita.

Selain itu, buah delima memiliki kandungan asam folat, vitamin C, dan vitamin K yang juga memiliki peran dalam membantu meningkatkan kondisi kesuburan.

Dari daftar buah-buahan di atas, ada buah favorit Ayah Bunda? Meski begitu, tetap lengkapi kebutuhan nutrisi dari makanan lainnya agar seimbang, ya! Mau peluang keberhasilan promil meningkat? Yuk, segera periksakan diri ke klinik fertilitas terdekat atau di Bocah Indonesia!

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Rabinovich, D., Samdi, Y. (2022). Zinc. NCBI Bookshelf. 
  • Li, J., et al. (2022). Zinc Intakes and Health Outcomes: An Umbrella Review. Front Nutr. 2022 Feb 8:9:798078. 
  • My Food Data. Top 10 Fruits Highest in Zinc. 
  • FoodData Central. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/171705/nutrients
  • Data Komposisi Pangan Indonesia. https://www.panganku.org/id-ID/view
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji