5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat untuk Promil

rekomendasi menu sahur sehat

Menu sahur sehat memberikan manfaat untuk kesehatan juga untuk Anda yang sedang menjalani promil.

Berpuasa tidak menyurutkan niat pasangan suami istri yang merencanakan program hamil. Selain bermanfaat bagi kesehatan, berpuasa juga baik untuk kesuburan. Satu hal yang perlu diingat, menjalani puasa saat promil juga perlu mengontrol pola hidup yang sehat, salah satunya makanan.

Meski berpuasa harus menahan diri untuk tidak makan dan minum namun bukan berarti Anda harus mengonsumsi makan yang berlebihan. Demi mendukung program hamil yang sedang dijalani, Anda tetap mengonsumsi makanan sehat pada saat buka puasa maupun sahur.

Menu Sehat untuk Sahur

Kebutuhan nutrisi dan gizi lengkap harus tetap terpenuhi meski sedang berpuasa. Tentunya, bisa didapatkan melalui makanan untuk berbuka dan sahur dengan menu yang tepat. Berikut beberapa rekomendasi menu sahur sehat untuk promil yang bisa Anda coba.

  • Sayur bayam bening

    Salah satu menu sehat ini kerap menjadi santapan lauk sehari-hari. Sayur bayam bening juga baik dikonsumsi pada saat sahur. Bayam mengandung folat, salah satu nutrisi penting untuk program hamil. Folat memiliki peran untuk membantu menurunkan risiko adanya kelainan jantung pada janin.Selain itu, folat juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko kelainan jantung pada janin dan mengurangi risiko ibu hamil mengalami preeklamsia. Menu sehat ini mudah dibuat di rumah karena bahan-bahan yang mudah didapat. Anda dapat mengonsumsi sayur bayam bening ini dengan nasi merah untuk membantu Anda menahan lapar seharian.
  • Tumis brokoli

    Selain bayam, brokoli juga mengandung folat yang penting untuk tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sayuran yang memiliki warna hijau ini juga mengandung kalsium untuk menjaga pertumbuhan tulang dan otak janin.Brokoli juga baik dikonsumsi saat puasa karena kandungan serat di dalamnya yang baik untuk menahan lapar selama berpuasa serta mencegah sembelit. Tumis brokoli juga gampang dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.
  • Telur balado

    Sahur dengan menu telur balado juga baik dikonsumsi bagi pasangan yang merencanakan promil, lho. Telur mengandung sejumlah nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan kolin pada telur sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta untuk proses perkembangan otak janin.Selain itu, telur juga menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan. Selain menu ini mudah diolah, telur juga merupakan bahan masakan yang mudah ditemukan.
  • Daging sapi teriyaki

    Daging sapi mengandung zat besi yang tinggi sehingga baik untuk memenuhi nutrisi program hamil. Hal ini lantaran zat besi dapat melancarkan aliran oksigen dalam tubuh serta dapat membantu perkembangan janin pada tahap awal. Aliran darah yang lancar dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem reproduksi.Selain itu, mengonsumsi menu sehat ini juga dapat membantu mencegah tubuh mengalami anemia pada saat kehamilan. Nah, tubuh akan berenergi selama seharian berpuasa serta menjaga kesehatan sistem reproduksi.
  • Sup ikan segar

    Ikan salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan kandungan lemak jenuh yang rendah. Lemak omega 3 pada ikan dapat membantu meningkatkan ovulasi pada wanita. Selain itu, konsumsi DHA dari asam lemak juga dapat meningkatkan kadar hormon progesteron yang mana hormon tersebut dapat mengatir lapisan rahim untuk persiapan kehamilan.

Tips Promil Lancar Saat Puasa

Berpuasa bukan berarti program hamil Anda dan pasangan jadi halangan. Berpuasa justru bisa membantu promil yang Anda jalani. Anda dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan pada saat program hamil melalui makanan pada saat berbuka dan sahur.

Berikut beberapa tips agar promil lancar selama berpuasa:

  • Konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang
  • Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh
  • Hindari makanan dan minuman manis yang berlebihan
  • Konsumsi suplemen jika dibutuhkan
  • Melakukan olahraga ringan secara rutin

Nah, itu dia rekomendasi menu sahur sehat yang baik untuk promil. Jangan lupa untuk tetap konsumsi buah-buahan agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi. Semoga promil Anda dan pasangan pada saat puasa lancar, ya!

cek-layanan-promo
Avatar photo
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah Bunda.

Reservasi