Siklus Haid Tidak Lancar Minum Apa Ya? Ini Solusi Tepatnya

Siklus Haid Tidak Lancar

Minuman yang aman dikonsumsi untuk melancarkan siklus haid adalah minuman yang terbuat dari bahan alami atau bahan herbal.

Pada umumnya, siklus menstruasi setiap wanita berbeda. Siklus menstruasi yang normal yakni 24 – 38 hari. Bagi wanita yang mengalami menstruasi lebih cepat atau lebih lama maka kondisi ini bisa disebut sebagai siklus tidak teratur.

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, stres, penggunaan alat kontrasepsi, hingga kondisi medis tertentu.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi siklus haid tidak teratur, salah satunya adalah mengonsumsi minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami untuk melancarkan haid.

Minuman Pelancar Haid

Untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar sebenarnya harus diketahui terlebih dahulu penyebab yang mendasarinya. Meski begitu, Anda juga bisa mengatasi hal tersebut dengan cara-cara alami, seperti memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

BACA JUGA : Bukan Hamil, Kenali 8 Penyebab Haid Tidak Teratur

Mengonsumsi minuman yang terbuat dari bahan alami juga menjadi salah satu cara yang mudah dilakukan di rumah. Bahkan, Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

1. Teh jahe

Anda mungkin sudah tidak asing dengan salah satu bahan herbal satu ini. Jahe merupakan jenis rempah yang pasti ada di dapur. Pasalnya, jahe kerap digunakan sebagai bahan minuman atau tambahan masakan.

Jahe dapat diolah menjadi teh jahe atau wedang jahe. Selain menghangatkan tubuh, mengonsumsi teh jahe juga dapat meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS), meredakan nyeri haid, hingga mengurangi volume pendarahan.

Hal ini lantaran jahe memiliki sifat antioksidan di dalamnya yang dapat meredakan gejala lain pada saat haid. Selain itu, formula antiinflamasi di dalamnya juga dapat mengatasi haid yang terlambat.

2. Kayu manis

Jenis minuman lainnya yang dapat dikonsumsi untuk membantu melancarkan haid agar teratur. Sama seperti jahe, kayu manis juga salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai tambahan makanan atau minuman.

Sebuah penelitian menyebutkan jika kayu manis dapat membantu mengatasi PCOS dan melancarkan siklus haid. Meski begitu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk itu.

Tidak ada salahnya mengonsumsi kayu manis untuk membantu melancarkan haid. Kayu manis dapat dicampurkan dengan air hangat atau teh hangat. Selain itu, kayu manis juga bisa dikonsumsi dengan cara mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam segelas susu hangat.

3. Teh chamomile

Salah satu jenis minuman yang dapat membantu melancarkan haid adalah teh chamomile. Teh chamomile memiliki kandungan antioksidan serta antiradang di dalamnya. Hal ini yang membuat teh chamomile dapat membantu meredakan nyeri haid dan melancarkan siklus yang tidak lancar.

Cara membuatnya pun mudah, cukup menyeduh 1 kantong teh chamomile dengan air panas. Tunggu beberapa saat hingga teh menyatu dengan air. Anda dapat mengonsumsi teh chamomile selagi hangat.

4. Air putih

Konsumsi air putih yang banyak tidak hanya membantu tubuh tetap terhidrasi namun juga membantu melancarkan haid. Selain itu, minum air putih yang banyak juga bisa meredakan gejala nyeri haid dan rasa tidak nyaman pada saat ‘tamu bulanan’ datang. Jika Anda ingin siklus haid lebih teratur dan mengatasi nyeri haid maka disarankan untuk minum air putih sebanyak 1,2 – 2 liter.

Cara Lain Melancarkan Haid

Jika Anda ingin siklus haid kembali lancar maka jangan hanya mengonsumsi minuman. Meski dapat membantu melancarkan siklus haid namun perlu diimbangi dengan pola hidup sehat. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan siklus haid yang tidak teratur.

1. Istirahat yang cukup

Kurang istirahat bisa menyebabkan siklus menstruasi wanita tidak teratur. Terlebih banyaknya aktivitas yang dapat menguras pikiran dan tenaga bisa menyebabkan stres sehingga memengaruhi jadwal menstruasi Anda.

Istirahat dengan waktu tidur yang cukup yakni 7 – 8 jam sehari. Tidur dengan waktu yang cukup dapat membantu tubuh dan pikiran lebih rileks sehingga kinerja hormon pengatur menstruasi tetap terjaga. Pastikan untuk hentikan kebiasaan begadang yang justru memberikan dampak kurang baik untuk kesehatan.

Jika ingin tidur nyenyak, Anda bisa melakukan mandi dengan air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat bisa membantu membuat tubuh lebih rileks dan mengatasi pegal setelah lelah seharian beraktivitas.

2. Berlatih yoga

Yoga termasuk salah satu cara yang paling efektif untuk melancarkan haid. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Journal of Alternative and Complementary Medicine, yoga dapat mengendalikan hormon yang bisa menyebabkan jadwal haid menjadi tidak teratur.

Tidak harus di tempat gym, olahraga ini bisa dilakukan di rumah dengan gerakan-gerakan yang minim risiko agar terhindari dari cedera.

3. Mengganti alat kontrasepsi

Siklus haid tidak teratur bisa disebabkan penggunaan alat kontrasepsi. Penggunaan KB suntik, IUD atau KB spiral, maupun KB implan. Hal ini lantaran, penggunaan alat kontrasepsi bisa memengaruhi hormon dalam tubuh Anda.

Jika hal ini terjadi maka Anda bisa konsultasikan dengan dokter untuk mengganti alat kontrasepsi yang tepat.

4. Menjaga berat badan

Tubuh yang terlalu kurus maupun terlalu gemuk dapat menyebabkan jadwal menstruasi Anda menjadi berantakan. Maka dari itu menjaga berat badan tetap ideal bisa membantu melancarkan siklus haid tiap bulannya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga secara teratur. Hindari melakukan olahraga berat yang justru dapat memicu haid tidak lancar.

5. Terapi hormon

Kadar hormon yang tidak seimbang bisa menjadi salah satu faktor siklus haid tidak lancar. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan siklus haid kembali normal dengan diberikan obat yang mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu. Biasanya terapi ini dilakukan oleh wanita yang mengalami sindrom polikistik ovarium (PCOS).

Nah, minuman-minuman di atas memang dapat membantu melancarkan siklus haid Bunda namun jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar atau secukupnya, ya. Sesuatu yang berlebihan tentu bisa memberikan dampak yang kurang baik.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  • Rani, M., et al. (2013). Impact of Yoga Nidra on menstrual abnormalities in females of reproductive age. J Altern Complement Med. 2013 Dec;19(12):925-9. 
  • Maleki, V., et al. (2021). Mechanistic and therapeutic insight into the effects of cinnamon in polycystic ovary syndrome: a systematic review. Journal of Ovarian Research volume 14, Article number: 130 (2021). 
  • Heydarpour, F., et al. (2020). Effects of cinnamon on controlling metabolic parameters of polycystic ovary syndrome: A systematic review and meta-analysis. J Ethnopharmacol. 2020 May 23;254: 112741.
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji