Minum Pil KB untuk Promil, Bisa Berhasil?

promil dengan pil kb

Pil KB pada prinsipnya bukan ditujukan untuk program hamil namun mengonsumsi pil KB untuk promil dapat membantu siklus haid menjadi lancar. Hal ini tentu memudahkan Anda menentukan masa subur dan merencanakan program hamil.

Sebagian wanita memilih pil KB sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Pil KB merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal yang mengandung progesterone dan kombinasi estrogen-progesteron.

Jenis alat kontrasepsi ini dianggap sebagai salah satu cara mencegah kehamilan yang cukup baik. Hal ini tentu harus dikonsumsi secara teratur pada waktu yang sama agar fungsinya tetap efektif.

Sayangnya, tidak jarang bagi wanita yang lupa meminumnya, efektivitas pil KB bisa menurun drastis sehingga kehamilan pun dapat terjadi.

Cara kerja pil KB dalam mencegah kehamilan dengan menghambat ovulasi atau keluarnya sel telur dari indung telur (ovarium). Kemudian, pil KB akan mengentalkan lendir leher rahim sehingga sperma sulit untuk mencapai sel telur. Nantinya, sel telur akan menempel di dinding rahim agar kehamilan tidak terjadi.

Berdasarkan kesediaan jumlahnya, jenis pil KB yang tersedia yakni dengan jumlah 21 dan 28 tablet. Pil KB dengan jumlah 21 tablet akan dikonsumsi setiap hari dari hari pertama hingga ke-21. Kemudian berhenti dan tidak mengonsumsi pil tersebut selama 7 hari. Kemudian memulai paket yang baru pada hari berikutnya.

Sedangkan untuk pil KB dengan jumlah 28 tablet terdiri dari 21 tablet hormon dan 7 tablet inaktif (placebo). Cara mengonsumsinya pun sama, yakni 1 tablet setiap hari. Jika jumlah tersebut telah habis, Anda dapat memulai lagi dengan paket yang baru pada hari berikutnya.

Apakah Bisa Promil dengan Pil KB?

Mengingat fungsi pil KB untuk mencegah kehamilan justru membuat peluang kehamilan menurun. Namun, fungsi pil KB dapat membuat siklus menstruasi menjadi teratur sehingga Anda dapat menentukan masa subur dengan baik.

Pada beberapa kondisi, hormon reproduksi wanita yakni estrogen dan progesteron yang mengatur siklus haid bisa mengalami ketidakseimbangan sehingga dapat menyebabkan haid yang tidak teratur. Jika kondisi ini terjadi, dokter akan memberikan pil KB yang mengandung hormonal untuk memancing haid.

Masa subur dapat diketahui melalui siklus menstruasi Anda tiap bulannya. Jika masa subur sudah diketahui, Anda dapat melakukan hubungan suami istri pada saat itu agar peluang hamil semakin tinggi.

Pil KB hanya dikonsumsi hanya sementara hingga siklus haid menjadi lebih teratur. Jika Anda berhasil mendapatkan siklus yang teratur maka pil KB tidak diperlukan lagi. jika obat hormon tersebut masih dikonsumsi padahal siklus haid teratur justru dapat menyebabkan siklus kembali menjadi tidak teratur dan menghambat untuk memiliki keturunan.

Bagaimana Cara Penggunaan Pil KB?

Sebelum mengonsumsi pil KB, ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu. Hal ini lantaran ada beberapa wanita yang justru tidak cocok mengonsumsi pil KB. Melalui konsultasi ini juga Anda dapat memahami bagaimana tata cara penggunaannya. Berikut adalah cara penggunaan pil KB untuk promil.

  • Sebelum mengonsumsi pil KB, pastikan Anda sedang tidak hamil.
  • Pil KB bisa dikonsumsi kapan pun namun pil KB sebaiknya mulai diminum pada saat hari 1 – 5 menstruasi.
  • Pastikan minum pil KB pada jam yang sama setiap harinya.
memperbaiki masa subur dengan pil kb

Apa yang Perlu Diperhatikan Sebelum Promil Melalui Pil KB?

Sebelum mengonsumsi pil KB untuk promil, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar fungsi dari pil KB tersebut efektif. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum konsumsi pil KB.

  • Konsultasikan kepada dokter mengenai riwayat alergi yang Anda miliki. Hal ini lantaran pil KB tidak boleh diberikan untuk orang yang memiliki alergi terhadap obat ini.
  • Komunikasikan pada dokter jika Anda pernah menderita kanker payudara, kanker endometrium, penyakit jantung, penyakit jantung, kanker hati, penyakit liver, penyakit ginjal, migrain, hipertensi, dan diabetes.
  • Konsultasikan apabila Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Konsultasikan pada dokter jika Anda mengonsumsi produk herbal atau jenis obat yang dapat menurunkan efektivitas pil KB.
  • Jika Anda menggunakan pil KB kombinasi, berusia di atas 35 tahun, dan merokok, harap konsultasikan pada dokter. Kondisi ini bisa menyebabkan efek samping yang serius, seperti stroke atau serangan jantung.
  • Segera hubungi dokter jika muncul reaksi akibat alergi obat, efek samping, atau overdosis setelah mengonsumsi pil KB.

Hal yang Mendukung Terjadinya Kehamilan

Mengonsumsi pil KB memang dapat membantu melancarkan siklus haid Anda namun untuk mendukung terjadinya kehamilan, terdapat beberapa langkah yang bisa Anda dan pasangan lakukan selama menjalani program hamil.

  • Melakukan hubungan seksual 2 atau 3 hari sekali dalam seminggu.
  • Berhubungan pada saat masa subur.
  • Menjalani pola hidup sehat yakni konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur.
  • Mengonsumsi vitamin untuk promil.
  • Berhenti merokok, mengonsumsi minuman alkohol, dan mengonsumsi makanan cepat saji atau mentah.

Meski pil KB dapat membantu melancarkan siklus haid namun perlu disertai beberapa langkah di atas untuk mendapatkan kehamilan. Selain menjalani pola hidup sehat, Anda juga perlu menghindari stres berlebihan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesuburan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Cooper, D. B., Patel, P., Mahdy, H. (2022). Oral Contraceptive Pills. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan. 
  2. Maybin, J. A., Critchley, H. O. (2016). Medical management of heavy menstrual bleeding. Womens Health (Lond). 2016 Jan; 12(1): 27–34. 
  3. Nanda, K., et al. (2017). Drug interactions between hormonal contraceptives and antiretrovirals. AIDS. 2017 Apr 24; 31(7): 917–952.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime