Penyumbatan di Tuba Falopi, Ganggu Kesuburan?

Penyumbatan di Tuba Falopi, Ganggu Kesuburan

Penyumbatan tuba falopi menjadi salah satu penyebab masalah infertilitas yang dialami wanita. Yuk, ketahui gejala penyumbatan di tuba falopi yang bisa dialami oleh Bunda.

Tuba falopi atau yang juga disebut sebagai saluran tuba adalah organ reproduksi yang menghubungkan antara rahim dan ovarium. Tuba falopi memiliki fungsi penting sebagai jalur sel telur yang telah matang dari ovarium menuju rahim.

Selain itu, fungsi penting lainnya yang dimiliki saluran tuba adalah sebagai tempat pertemuan sel telur dengan sperma. Jika sel telur berhasil dibuahi oleh sperma maka akan bergerak menuju rahim melalui saluran tuba. Kemudian, proses implantasi akan terjadi di rahim.

Namun, pada beberapa kasus, tuba falopi Bunda bisa mengalami penyumbatan. Hal ini lantaran beberapa kondisi sehingga menghambat bertemunya sel telur dan sperma. Oleh sebab itu, Bunda perlu mengetahui apa saja gejala penyumbatan pada tuba falopi. Pasalnya kondisi ini bisa menghambat promil yang dijalani.

Baca juga: Makanan Pembuka Tuba Falopi Secara Alami

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Gejala Penyumbatan di Tuba Falopi

Berbeda dengan beberapa masalah pada organ reproduksi lainnya, tuba falopi yang tersumbat sering kali tidak menimbulkan gejala khusus. Bahkan, Bunda kerap tidak menyadari kondisi tersebut.

Biasanya, gejala tersebut baru diketahui ketika Ayah Bunda hendak merencanakan program hamil. Namun, bukan berarti Bunda tidak bisa mengalami beberapa gejala, seperti:

  • Rasa sakit atau nyeri pada area panggul
  • Rasa sakit atau nyeri terjadi secara teratur
  • Nyeri saat menstruasi
  • Sakit yang disertai demam
  • Keputihan tidak normal dan menimbulkan aroma tidak sedap
  • Nyeri saat buang air kecil maupun berhubungan seksual

Penyebab Penyumbatan di Tuba Falopi

Tuba falopi yang tersumbat bisa membuat Bunda mengalami susah hamil, sebab sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur. Penyumbatan akan menyebabkan salah satu maupun kedua saluran tuba atau membentuk jaringan yang dapat mempersempit saluran.

Penyumbatan pada tuba falopi bisa terjadi pada beberapa lokasi, seperti:

  • Pada ujung tuba dekat dengan indung telur (ovarium)
  • Pada ujung tuba dekat dan berhubungan dengan rahim
  • Seluruh tabung tuba

Baca juga: Hidrosalping, Penyebab Susah Hamil Pada Wanita

Berikut beberapa penyebab saluran tuba tersumbat:

  • Penyakit radang panggul. Kondisi ini terjadi ketika terdapat infeksi pada area reproduksi seperti serviks, uterus, ovarium, dan tuba falopi. Infeksi ini dapat berkembang menjadi luka pada tuba falopi sehingga salurannya tidak dapat berfungsi dengan baik.
  • Endometriosis. Kondisi ketika terdapat jaringan mirip endometrium yang tumbuh di luar rahim. Jaringan ini yang bisa menyebabkan peradangan sehingga merusak jaringan tuba falopi sehingga salurannya bisa tersumbat. Kondisi ini juga bisa menyebabkan terjadinya perlengketan yang menghalangi saluran tuba.
  • Hidrosalping. Gangguan pada tuba falopi yang terjadi karena adanya sumbatan cairan sehingga menimbulkan infeksi. Kondisi ini dipicu dari peradangan hingga efek samping akibat prosedur bedah pada sekitar organ reproduksi.

Demikian penjelasan terkait beberapa gejala dan penyebab tuba falopi tersumbat. Kondisi ini tidak dapat dianggap sepele. Jika Bunda merencanakan program hamil maka segera periksakan diri ke klinik fertilitas untuk mendapat solusi dan penanganan yang tepat.

Tertarik untuk berbagi informasi menarik ini? Yuk, bagikan artikel ini untuk pejuang garis dua lainnya!

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Han, J., Sadiq, N.M. (2023). Anatomy, Abdomen and Pelvis: Fallopian Tube. NCBI Bookshelf. 
  • Khalaf, Y. (2003). Tubal subfertility. BMJ 2003; 327.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji