Mengenal Pembekuan Sel Telur, Salah Satu Cara Rencanakan atau Menunda Kehamilan

pembekuan sel telur

Semakin bertambahnya usia maka kualitas sel telur juga ikut menurun. Hal ini membuat wanita khawatir akan peluang kehamilan yang mereka miliki. Namun, hal ini bisa diatasi dengan prosedur pembekuan sel telur. Meski begitu, belum banyak yang belum tahu mengenai prosedur ini. 

Mengenal Pembekuan Sel Telur

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), puncak kesuburan dan kualitas sel telur wanita berada di usia 20 – 30 tahun. Ketika wanita menginjak usia 30 tahun ke atas maka tingkat kesuburannya perlahan menurun. Hal ini akan terjadi seiring bertambahnya usia. Kualitas sel telur yang menurun menyebabkan pasangan suami istri sulit mendapatkan kehamilan secara alami.

Salah satu prosedur yang membantu mengatasi permasalahan Anda yang belum siap hamil namun khawatir dengan kualitas sel telur yang terus menurun adalah pembekuan sel telur.

Pembekuan sel telur atau yang juga dikenal dengan egg freezing adalah prosedur pengambilan sel telur wanita dari rahim yang kemudian disimpan dan dibekukan di laboratorium khusus.

Prosedur ini dapat membantu wanita untuk hamil di masa mendatang meskipun sudah tidak berada di usia subur.

Meski banyak yang masih awam dengan egg freezing namun prosedur ini telah banyak dilakukan oleh selebriti dunia, salah satunya selebriti asal Indonesia, Luna Maya.

Penelitian menunjukkan bahwa prosedur ini secara signifikan dapat memperpanjang usia sel telur Anda dan meningkatkan peluang kehamilan.

Perlu diketahui, prosedur pembekuan ini dengan pembekuan embrio itu berbeda. Pembekuan sel telur dilakukan tanpa memerlukan sperma. Pasalnya, sel telur tidak akan dibuahi sebelum dibekukan. Sedangkan embrio freezing merupakan sel telur yang dibuahi sperma yang kemudian dibekukan pada cairan nitrogen dengan suhu -196 derajat celcius.

Bagaimana Pembekuan Sel Telur Dilakukan?

Metode egg freezing dilakukan pada masa reproduksi wanita dalam keadaan prima antara usia 20 – 30 tahun untuk memanfaatkan kualitas dan kuantitas sel telur yang premium.

Prosedur ini dilakukan dengan mengambil sel telur yang dibekukan pada cairan nitrogen bersuhu -196 derajat celcius. Uniknya, sel telur Anda dapat dibekukan sampai 10 tahun tanpa indikasi penurunan kualitas.

Lantas, untuk siapa saja metode egg freezing?

Indikasi Pembekuan Sel Telur

Prosedur pembekuan sel telur dapat dilakukan oleh wanita dengan beberapa kondisi tertentu.

1. Wanita yang ingin menunda kehamilan

Prosedur egg freezing atau pembekuan sel telur bisa dilakukan untuk wanita yang ingin menunda kehamilan baik karena alasan personal maupun profesional. Hal ini biasanya dilakukan wanita yang ingin menunda memiliki keturunan namun khawatir kualitas sel menurun akan menurun seiring bertambahnya usia.

2. Memiliki keluarga riwayat menopause dini

Prosedur ini bisa dilakukan oleh wanita yang memiliki keluarga dengan riwayat menopause dini.

3. Menjalani pengobatan medis

Wanita yang tengah menjalani pengobatan medis yang dapat mengganggu kesuburan, seperti kanker, diabetes, dan sebagainya. Pasalnya, pengobatan kanker berupa terapi radiasi atau kemoterapi dapat membahayakan kondisi kesuburan bagi wanita.

Ruang Kriopreservasi pembekuan sel telur dan sperma
Ruang Cryopreservation di Pusat Fertilitas Bocah Indonesia

Proses Pembekuan Sel Telur

Menurut dr. Luky Satria, Sp.OG – KFER dan dr. Cynthia Agnes Susanto, Sp.OG, BMedSc, yang merupakan dokter spesialis kandungan di Pusat Fertilitas Bocah Indonesia ini, terdapat beberapa rangkaian proses pembekuan sel telur atau egg freezing.

Konsultasi

Sebelum melakukan prosedur egg freezing, Anda akan melakukan konsultasi dengan dokter spesialis obgyn dan ginekologi serta dokter spesialis andrologi. Pada tahapan ini, dokter akan memberikan informasi mengenai tahapan proses yang akan dilalui.

Pemeriksaan

Pemeriksaan dilakukan untuk memeriksa tingkatan hormon, folikel sel telur, dan menentukan jenis pengobatan yang tepat bagi wanita.

Injeksi obat pembesar sel telur

Pemberian injeksi dilakukan untuk menstimulasi tubuh agar dapat menghasilkan sel telur dengan jumlah dan ukuran terbaik.

Serial kontrol

Serial dilakukan dilakukan untuk memonitor respon ovarium Anda terhadap obat-obatan.

Pematangan sel telur

Pemberian injeksi berikutnya dilakukan dengan tindakan operasi. Kemudian sel telur segera dibawa ke laboratorium untuk disimpan dan dibekukan.

Pembekuan sel telur

Sel-sel telur yang telah diambil dari rahim akan disimpan dalam cairan nitrogen bersuhu minus 196 derajat celcius untuk dimanfaatkan pada waktu mendatang.

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Pembekuan Sel Telu

Sebelum Anda melakukan prosedur ini, pastikan untuk melakukan beberapa riset terlebih dahulu.

  • Melakukan banyak riset mengenai prosedur pembekuan sel telur.
  • Menyiapkan biaya untuk seluruh prosedur ini.
  • Sebelum melakukan prosedur pembekuan sel telur, pastikan lakukan pemeriksaan medis dengan dokter.
  • Diskusikan mengenai manfaat dan risiko prosedur pembekuan sel telur dengan dokter Anda.

Perlu diketahui metode pembekuan sel telur umumnya dilakukan untuk program hamil bayi tabung. Pasalnya, bagi pasangan yang merencanakan kehamilan di masa mendatang maka sel telur yang telah dibuahi dan menjadi embrio akan dimasukkan kembali ke dalam rahim wanita.

Manfaat Pembekuan Sel Telur

Pembekuan sel telur atau egg freezing dapat memberikan sejumlah manfaat. Prosedur ini bisa dilakukan untuk pasangan yang merencanakan kehamilan di masa mendatang. Pasalnya, wanita yang berusia di atas 30 tahun perlahan akan mengalami penurunan kualitas sel telur. Maka metode egg freezing bisa menjadi sebuah pilihan.

Metode egg freezing juga bisa menjadi pilihan bagi pasangan yang belum siap hamil dan ingin menunda kehamilan. Selain itu, memasuki usia 45 tahun, wanita akan sulit merencanakan kehamilan secara alami. Pasalnya, pada usia ini masa kesuburan wanita akan menurun. Pada usia ini, bagi beberapa wanita juga akan mengalami masa peralihan ke masa pre-menopause.

Kesimpulan

Prosedur egg freezing merupakan teknologi yang membantu Anda untuk meningkatkan peluang kehamilan di masa mendatang meski usia Anda tidak lagi berada di masa subur. Jika Anda ingin melakukannya, segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan di Pusat Fertilitas Bocah Indonesia.

5/5

Lidia Fang

Aku egg freezing disini! layanannya bener2 profesional, suster dan dokternya juga baik , tempatnya benar2 bersih, super recomended

seminar
cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Petropanagos, Angel; Cattapan, Alana; Baylis, Franchoise; Leader, Arthur. Social egg freezing: risk, benefits and other considerations. CMAJ. 2015 Jun 16; 187(9): 666–669. 
  2. Kushnir, Vitaly A; Barad, David H; Albertini, David F. Outcomes of Fresh and Cryopreserved Oocyte Donation. JAMA. 2015;314(6):623-624. 
  3. Mathews, TJ; Hamilton, Brady E. First Births to Older Women Continue to Rise. NCHS Data Brief No. 152. May 2014. 
  4. Wiel, LucyVan de. Disrupting the biological clock: Fertility benefits, egg freezing and proactive fertility management. Reproductive Biomedicine & Society Online. Available online 10 December 2021.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi