Laptop Dipangkuan Terbukti Cegah Kesuburan?

Laptop Dipangkuan Terbukti Cegah Kesuburan

Kebiasaan memangku laptop bisa menyebabkan kondisi sperma buruk dan memengaruhi kesuburan Ayah.

Laptop menjadi salah satu perangkat teknologi yang menunjang sejumlah aktivitas, mulai dari belajar hingga pekerjaan. Hal ini lantaran merupakan perangkat yang cukup praktis dan mudah dibawa kemana pun. Selain itu, laptop juga bisa digunakan dengan berbagai cara, salah satunya dapat dipangku di atas paha.

Memangku laptop menjadi salah satu kebiasaan untuk menunjang pekerjaan. Posisi ini memang membuat penggunanya nyaman. Sayangnya, secara tidak sadar dapat memengaruhi kondisi kesehatan terutama bagi pria.

Baca juga: Pengaruh dan Fungsi Hormon Testosteron pada Kesuburan Pria dan Wanita

Memangku Laptop Bahaya untuk Kesuburan?

Bagi Ayah yang sering melakukan kebiasaan ini, sebaiknya hati-hati. Siapa sangka, memangku laptop dapat memengaruhi kondisi fertilitas, apalagi jika sedang merencanakan program hamil.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Menurut dr. Androniko Setiawan, Sp.And, dokter spesialis andrologi Bocah Indonesia, menyebutkan jika kebiasaan tersebut bisa memperburuk kondisi sperma.

“Memangku laptop ini bisa memperburuk kondisi sperma,” ujar dr. Androniko.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction pada tahun 2005, menyebutkan panas dari laptop dapat menghangatkan sperma pada pria hingga tidak aktif lagi. Kondisi ini disebut sebagai hipertermia skrotum.

Panas dari laptop bisa meningkatkan suhu pada testis yang memengaruhi produksi sperma sehingga secara tidak langsung dapat mengganggu kesuburan.

Namun, menurut dr. Tiara Kirana, Sp.And, dokter spesialis andrologi Bocah Indonesia menyebutkan jika penelitian terkait pengaruh laptop atau gadget masih sangat minim sehingga masih sangat spekulatif.

“Sampai saat ini, penelitian mengenai gadget atau laptop terhadap kualitas sperma masih sangat lemah penelitiannya. Sehingga sangat spekulatif bila kita mengaitkan hanya sinyal wifi atau laptopnya saja terhadap terganggunya kualitas sperma,” ujar dr. Tiara.

Tidak hanya pada Ayah, memangku laptop juga bisa memengaruhi kesuburan Bunda. Memangku laptop dalam waktu yang lama bisa memengaruhi pelepasan sel telur sehingga menyebabkan sulit hamil.

Baca juga: Rangkaian Tes Kesuburan Pria yang Harus Kamu Ketahui Untuk Mulai Program Hamil

Bahaya Memangku Laptop Terhadap Kesehatan

Jika Ayah Bunda yang ingin cepat hamil maka sebaiknya hindari kebiasaan memangku laptop. Namun, jangan abai dengan kondisi kesehatan lainnya. Ada beberapa risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan jika memangku laptop terlalu sering.

1. Gangguan masalah pada leher, pundak, hingga punggung

Salah satu kekurangan dari kebiasaan memangku laptop bisa menyebabkan nyeri leher dan punggung. Hal ini lantaran posisi tubuh yang buruk. Kebiasaan memangku laptop menyebabkan postur tubuh selalu membungkuk sehingga memicu masalah punggung dan leher. Gangguan kesehatan ini bisa muncul ketika membawa laptop dengan posisi yang tidak sesuai.

Sebaiknya, hindari memangku laptop untuk menjaga kesehatan leher, pundak, dan punggung dari kebiasaan tersebut.

2. Gangguan kesehatan pada kulit

Panas dari laptop bisa menyebabkan suhu hangat di paha. Kondisi ini bisa menimbulkan masalah yang lebih serius jika tidak segera ditangani.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, menyebutkan jika kasus anak yang berusia 12 tahun mengalami kondisi kulit kecokelatan, bintik-bintik, dan menimbulkan rasa sakit.

Gejala-gejala ini disebut sebagai sindrom kulit terpanggang atau Erythema Ab Igne, yang diakibatkan memangku laptop di atas paha dalam jangka waktu yang panjang.

Memangku Laptop Dapat Memicu Kanker?

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), laptop merupakan salah satu sumber radiasi elektromagnetik (EMF) yang signifikan. Radiasi elektromagnetik sendiri merupakan kombinasi antara medan listrik dan medan magnet.

Nah, radiasi elektromagnetik ini dipercaya bisa memicu risiko kanker. Namun, radiasi elektromagnetik yang dipancarkan laptop termasuk dalam kategori frekuensi yang rendah hingga menengah. Sehingga tidak ada mekanisme yang membuktikan jika radiasi elektromagnetik pada laptop dapat menyebabkan kanker.

Demikian penjelasan terkait bahaya memangku laptop terhadap kesuburan dan juga kesehatan Ayah Bunda. Sebaiknya Ayah Bunda hindari kebiasaan tersebut ya, agar program hamil yang dijalani mendapatkan hasil yang optimal.

Jika Ayah Bunda mengalami keluhan terkait kondisi organ reproduksi maka segera periksakan diri ke dokter.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Arnold, A.W. (2010). Laptop Computer-Induced Erythema ab Igne in a Child and Review of the Literature. Pediatrics 126(5):e1227-30. 
  • Sheynkin, Y., et al. (2005). Increase in scrotal temperature in laptop computer users. Human Reproduction, Volume 20, Issue 2, February 2005, Pages 452–455. 
  • Wu, Y.Q., et al. (2020). Effect of transient scrotal hyperthermia on human sperm: an iTRAQ-based proteomic analysis. Reprod Biol Endocrinol. 2020; 18: 83.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji