5 Makanan untuk Menyembuhkan Infeksi Rahim

makanan-untuk-menyembuhkan-infeksi-rahim

Rahim merupakan organ reproduksi yang cukup rentan terserang masalah kesehatan, salah satunya infeksi. Infeksi rahim bisa menyebabkan kondisi medis yang cukup serius. Dalam mengatasi kondisi tersebut, terdapat makanan yang dapat membantu menyembuhkan infeksi rahim.

Menjaga kesehatan rahim penting untuk tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Rahim merupakan salah satu organ reproduksi wanita yang terletak pada bagian tengah dari rongga panggul, tepat berada di depan rektum dan di belakang kandung kemih.

Rahim memiliki fungsi dalam siklus menstruasi wanita setiap bulannya. Selain itu, rahim juga menjadi tempat janin berkembang selama masa kehamilan berlangsung. Jika kesehatan rahim terganggu maka dapat menyebabkan fungsi rahim tidak berjalan dengan semestinya.

Infeksi rahim juga bisa menyebabkan masalah kesuburan sehingga untuk mendapatkan kehamilan sedikit sulit. Berikut terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan rahim dari infeksi.

Sayuran hijau memang memiliki kandungan vitamin, mineral, kalsium, hingga magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan rahim serta kesuburan. Nutrisi-nutrisi tersebut diperlukan tubuh agar rahim dapat terbebas dari masalah infeksi.

Mengkonsumsi sayuran hijau dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada vagina. Jenis sayuran hijau yang dapat dikonsumsi seperti bayam, sawi, dan kale.

Sayuran hijau memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor di rahim. Hal ini lantaran peran fitoestrogen yang dapat menurunkan pemicu pertumbuhan sel tumor yakni hormon estrogen.

  • Buah-Buahan

Sudah tahu kan jika mengonsumsi buah-buahan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral pada buah dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk menyembuhkan infeksi rahim adalah buah yang mengandung vitamin C dan omega 3, seperti alpukat dan jeruk.

Alpukat mengandung vitamin B6, lemak sehat, omega 3, serta kalium yang dapat memperkuat otot dinding vagina.

Sedangkan, jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu menjaga proses ovulasi tetap stabil serta mendorong pelepasan sel telur. Selain itu, kandungan kalsium dan folat di dalamnya dapat membantu meningkatkan kesuburan.

  • Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan yang dapat membantu mengatasi infeksi rahim adalah kacang dan biji-bijian. Kedua jenis makanan tersebut mengandung zat besi serta magnesium yang yang dapat mengurangi gejala menstruasi. 

Selain itu, makanan yang mengandung zat besi lainnya adalah sayuran berdaun hijau, seperti brokoli.

  • Susu

Susu maupun produk olahan susu, seperti keju, yoghurt, dan mentega baik untuk kesehatan rahim. 

Baca Juga : Susu Untuk Program Hamil

Produk olahan susu mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat menjaga kesehatan tulang, mencegah fibroid pada rahim, hingga membantu memperkuat otot pada dinding rahim. Selain itu, susu juga memiliki kandungan lemak sehat yang dapat meningkatkan kesuburan.

  • Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi juga bisa menjadi salah satu makanan yang dapat menyembuhkan infeksi rahim, lho. 

Hal ini lantaran makanan berserat dapat membantu menurunkan kadar hormon estrogen. Hormon estrogen merupakan salah satu pemicu tumbuhnya sel tumor.

Penanganan Infeksi Rahim

Infeksi rahim yang menyebabkan kondisi serius harus segera ditangani agar kondisi tidak semakin memburuk. Dokter akan memberikan perawatan secara intensif di rumah sakit. Anda harus segera mendapatkan penanganan tepat jika mengalami kondisi, seperti:

  • Terjadi masalah fertilitas atau kesuburan.
  • Terdapat nanah atau abses pada panggul atau rahim.
  • Terdapat infeksi rongga perut atau panggul.
  • Infeksi darah atau sepsis.

Cara Mencegah Infeksi Rahim

Infeksi pada rahim wanita disebabkan akibat adanya infeksi bakteri. Jika tidak ditangani secara tepat maka bisa menyebabkan masalah infertilitas sehingga sulit memiliki keturunan. Penyebabnya pun bisa karena beberapa faktor, seperti:

  • Sering melakukan aktivitas seksual bergonta-ganti pasangan.
  • Penyakit radang panggul.
  • Masih ada sisa jaringan plasenta setelah persalinan atau keguguran.
  • Memiliki riwayat diabetes atau penyakit yang dapat mengganggu daya tahan tubuh.

Meski begitu, Anda dapat mencegah infeksi rahim terjadi. Jika Anda memiliki kehidupan seksual yang aktif maka sebaiknya gunakan alat kontrasepsi seperti kondom agar mencegah infeksi menular seksual selama berhubungan.

Jika Anda terdeteksi memiliki riwayat infeksi menular seksual maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat. Selanjutnya, dokter akan meresepkan obat yang harus dikonsumsi.

Mengonsumsi makanan yang sehat memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan termasuk untuk kesehatan reproduksi. 

Namun, Anda tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi dengan tidak mengganti pasangan. Bila ada keluhan, jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi ke dokter.

Pemeriksaan Rahim di Bocah Indonesia

Gangguan fertilitas bisa disebabkan infeksi rahim. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Jika Anda mengalami kondisi di atas, kami memiliki layanan yang tepat untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah ini, tim kami segera menghubungi Anda.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

One Response

  1. Info Kehamilan berkata:

    Wah, ilmunya pasti berguna untuk para bunda yang masih galau tentang infeksi rahim yang dialami. Terima kasih, min.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Buat Janji?