Makanan Pembuka Tuba Falopi Secara Alami

Tuba Fallopi

Selain melalui metode tindakan medis, tuba falopi yang tersumbat juga bisa dibantu dengan cara-cara yang alami.

Salah satu organ reproduksi yang memiliki peranan penting adalah tuba falopi. Organ ini merupakan saluran penghubung antara indung telur (ovarium) dan rahim. Tuba falopi terletak pada dua sisi rahim, yakni kiri dan kanan. Sebagai organ yang memiliki fungsi penting dalam reproduksi wanita maka kesehatannya tentu perlu dijaga.

Baca Juga : Pengalaman Tuba Falopi Tersumbat dan Miom, Bunda Mutia Bisa Hamil dengan Bayi Tabung

Pada beberapa kasus, tuba falopi bisa tersumbat yang terjadi karena adanya peradangan panggul, hidrosalping, merupakan adhesi (perlengketan) akibat tindakan medis sebelumnya. Kondisi ini tentu bisa menyebabkan wanita sulit hamil. Tuba falopi yang tersumbat bisa diatasi melalui tindakan medis dan beberapa cara alami yang dapat membantu meminimalisirkan kondisi tersebut.

Makanan yang Dapat Mengatasi Tuba Falopi Tersumbat

Ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi tuba falopi tersumbat, seperti:

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan organ reproduksi adalah konsumsi makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Nah, jika Anda ingin meminimalisir kondisi tuba falopi tersumbat maka konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Sifat antioksidan dapat melawan efek negatif yang ditimbulkan dari makanan junk food yaitu dapat memicu keseimbangan hormon. Makanan antioksidan dapat diperoleh dari sayuran segar yang berwarna-warni, cokelat, kedelai, kayu manis, dan oregano.

Selain itu makanan yang mengandung zat karotenoid tinggi juga bisa membantu mengatasi kondisi tersebut. Zat karotonoid ini dapat diperoleh dari sumber makanan seperti bayam, telur, wortel, manga, pepaya, dan zucchini.

2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Sudah rahasia umum jika vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menyerap zat besi yang diperoleh dari makanan. Hal ini dapat membantu mengatasi tuba falopi yang tersumbat akibat infeksi. Kadar harian vitamin C yang tercukupi dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Sumber makanan yang mengandung vitamin C dapat diperoleh dari jeruk, brokoli, lemon, kiwi, stroberi, dan paprika.

Cara Lain untuk Meringankan Tuba Falopi Tersumbat

Selain makanan alami yang mengandung antioksidan dan vitamin C, ada beberapa cara lainnya yang dipercaya dapat membantu mengatasi sumbatan pada tuba falopi. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan.

3. Bawang putih

Meski memiliki aroma yang cukup kuat, bawang putih memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan, lho. Manfaat konsumsi bawang putih bisa membantu mengobati tuba falopi yang tersumbat. Hal ini lantaran senyawa antiinflamasi di dalamnya.

Maka dari itu, bawang putih dapat membantu mengatasi peradangan panggul yang menjadi salah satu penyebab tersumbatnya saluran tuba.

Anda dapat mengonsumsi bawang putih yang menjadi bahan masakan. Perlu diingat, mengonsumsi sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Sama seperti mengonsumsi jenis makanan lain, konsumsi bawang putih secukupnya.

4. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu bahan alami yang dapat diolah menjadi campuran minuman atau makanan. Ginseng ini mengandung senyawa yang berperan dalam melawan peradangan. Sama seperti bawang putih, terdapat senyawa antiinflamasi pada ginseng yang dapat menjadi agen peradangan.

5. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang mudah ditemukan. Jahe memiliki kandungan penting, yaitu senyawa gingerol. Senyawa ini merupakan anti inflamasi dan anti peradangan yang dapat mengobati radang panggul yang menyebabkan tuba falopi tersumbat.

Dikonsumsi dengan dosis yang sesuai dan rutin dapat membantu Anda mengatasi sumbatan tuba falopi. Meski begitu, hingga kini belum ada penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

6. Kunyit

Bahan herbal lainnya yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi kondisi tuba falopi tersumbat adalah kunyit. Bahan alami yang memiliki warna kuning cerah ini memiliki banyak khasiat di dalamnya, termasuk untuk kesehatan reproduksi.

Hal ini lantaran senyawa kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin dapat menurunkan peradangan. Oleh sebab itu, mengonsumsi kunyit dipercaya dapat mengobati sumbatan tuba falopi tersumbat.

7. Olahraga teratur

Olahraga memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Nah, salah satu cara alami jika ingin membuka tuba falopi yang tersumbat adalah dengan melakukan olahraga rutin. Sebuah studi mengatakan jika olahraga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Meski bisa meningkatkan kesuburan, sayangnya olahraga tidak dapat memperbaiki tuba falopi yang mengalami sumbatan.

8. Yoga

Hobi melakukan yoga? Cara ini merupakan salah satu cara alami untuk mengobati tuba falopi tersumbat. Hal ini lantaran yoga merupakan aktivitas fisik yang dapat menurunkan kadar stres. Jika stres dapat dikelola dengan baik tentu dapat memengaruhi kinerja otot di sekujur tubuh lebih maksimal sehingga dapat meningkatkan fungsi tuba falopi.

9. Meditasi

Anda juga bisa mengurangi stres dengan melakukan meditasi. Meditasi membantu tubuh lebih rileks dan dapat membantu meningkatkan kadar kesuburan. Dengan melakukan meditasi ini, membantu Anda lebih sehat, baik secara fisik dan jiwa.

Bagaimana Cara Mengatasi Tuba Falopi Tersumbat?

Jika tuba falopi tersumbat disebabkan akibat adhesi atau jaringan parut maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan operasi laparoskopi. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology International, menyebutkan jika sebanyak 25% atau 6 dari 24 pasien yang menjalani operasi laparoskopi berhasil hamil alami dan 2 di antaranya dengan atau 8,3% berhasil hamil dengan program hamil berbantu IUI.

Prosedur operasi dilakukan untuk membuang bagian yang rusak serta menghubungkan bagian-bagian organ yang masih sehat. Namun, prosedur ini tidak dapat dilakukan jika jaringan parut dalam ukuran yang besar.

Perlu diingat, cara-cara di atas merupakan hal-hal pendukung yang dapat dilakukan jika mengalami saluran tuba tersumbat. Sebaiknya konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami adanya sumbatan pada tuba falopi untuk mengetahui penanganan yang tepat.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  • Ikechebelu, J. I., et al. (2018). Fertility Outcomes following Laparoscopy-Assisted Hysteroscopic Fallopian Tube Cannulation: A Preliminary Study. Obstetrics and Gynecology International, 2018, 1–6. https://www.hindawi.com/journals/ogi/2018/7060459/
  • Abdollahifar, M. A., et al. (2019). Vitamin C restores ovarian follicular reservation in a mouse model of aging. Anat Cell Biol. 2019 Jun; 52(2): 196–203. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6624328/
  • Washington (DC): National Academies Press (US); 2000. Dietary Reference Intakes for Vitamin C, Vitamin E, Selenium, and Carotenoids. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK225480/
Avatar photo
Share:

 

2 Responses

  1. Aguatina berkata:

    Slmat siang bisa sy konsul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji