Khasiat Buah Tin untuk Lelaki

khasiat-buah-tin-untuk-lelaki

Buah tin atau buah ara merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Asia Barat. Jenis buah ini tumbuh di Asia Barat, tepatnya di pinggir pantai Afganistan. Namun, kini buah tin telah dibudidayakan di beberapa negara, seperti Argentina, Chili, Australia, dan Amerika Serikat.

Khasiat buah tin untuk lelaki adalah meningkatkan kadar testosterone, meningkatkan jumlah sperma, meningkatkan kualitas tidur, dan memiliki peranan penting untuk kelenjar prostat.

Buah yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini memiliki warna kulit keunguan dan isi buah berwarna merah khas. Rasa buah tin sendiri segar dan manis. Buah ini memiliki dua jenis pilihan yakni buah tin segar dan kering.

Kandungan Buah Tin

Buah ara atau buah tin ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan didalamnya dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria. Berikut nutrisi yang terdapat pada buah tin.

  • Vitamin B6
  • Kalsium
  • Zinc
  • Serat
  • Mangan

Jenis Buah Tin

Buah tin memiliki beberapa jenis yang beragam. Masing-masing ciri khasnya pun berbeda, mulai dari warna kulit hingga daging buahnya namun kandungan nutrisinya tetap sama. Berikut jenis buah tin yang dapat Anda konsumsi.

  • Adriatic

Jenis buah tin yang satu ini memiliki warna kulit hijau muda serta dagingnya yang merah muda. Adriatic juga sebagai buah ara putih karena memiliki warna yang sangat terang dibandingkan jenis lainnya. Rasa buah ini manis dan sering dihidangkan sebagai makanan penutup.

  • Calimyrna

Jika Anda menemukan buah tin dengan warna kulit kuning kehijauan maka ini merupakan buah tin jenis Calimyrna. Jenis ini memiliki warna daging buah yang merah muda mencolok. Buah ini memiliki rasa kacang yang unik. Selain dikonsumsi secara langsung, jenis Calimyrna ini diolah menjadi selai atau topping pada kue.

Baca Juga : Manfaat buah kiwi untuk promil

  • Black mission

Jenis black mission ini memiliki warna kulit yang kehitaman dan dagingnya berwarna merah muda. Buah ini memiliki rasa manis dan kandungan air di dalamnya seperti sirup. Black mission biasa disajikan sebagai hidangan penutup atau menjadi pelengkap rasa untuk resep kue.

  • Kadota

Buah tin jenis kadota memiliki warna kulit berwarna hijau dengan daging berwarna ungu. Di antara jenis buah tin lainnya, kadota inilah yang memiliki rasa paling manis. Buah ini dapat dinikmati dalam keadaan mentah maupun matang. Jenis buah ini diyakini telah ada sejak ribuan tahun lalu.

  • Brown turkey

Brown turkey memiliki ciri khas warna kulit ungu gelap dengan dagingnya berwarna merah. Jenis buah ini memiliki bentuk mirip dengan buah pir. Rasa buah jenis ini lebih ringan dan tidak terlalu manis dibandingkan jenis lainnya. Jenis buah brown turkey ini dijual bentuk segar dan kering. Biasanya sering dijadikan campuran salad.

Khasiat Buah Tin untuk Kesuburan Pria

Kandungan nutrisi yang melimpah pada buah tin memberikan sejumlah manfaat untuk kesuburan, seperti:

  • Meningkatkan jumlah sperma

Kandungan vitamin dan mineral pada buah tin, seperti kalsium, seng, kalium, dan mangan dapat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Selain itu, kandungan antioksidan pada buah ini juga baik untuk meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma.

  • Meningkatkan kadar testosterone

Buah tin mengandung zinc yang tinggi. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kadar testosterone. Hormone testosterone sendiri dapat membantu menangani masalah ereksi pada pria. Jika Anda mengalami disfungsi ereksi, mengkonsumsi buah tin dapat membantu mengatasinya dengan meningkatkan kadar testosterone.

  • Menjaga kesehatan kelenjar prostat

Kandungan vitamin dan mineral pada buah tin baik untuk kesehatan kelenjar prostat. Hal ini lantaran vitamin dan mineral di dalamnya dapat menurunkan risiko pembesaran prostat. Selain itu, buah ini juga mengandung mikronutrien yang dapat menjaga kesehatan prostat jika dikonsumsi secara teratur.

Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan Wanita

Tidak hanya bagi pria, buah tin juga memiliki manfaat untuk kesuburan wanita. Buah tin dapat membantu mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon serta menstruasi yang tidak teratur.

Buah ara ini vitamin B6 yang baik baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Selain itu, zat besi yang terdapat pada buah ini baik untuk proses ovulasi wanita sehingga membantu meningkatkan peluang kehamilan.

Efek Samping Buah Tin

Meski memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, nyatanya tetap ada efek samping yang ditimbulkan. Buah tin memang aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan namun jenis buah tin yang kering mengandung gula yang cukup tinggi sehingga perlu dibatasi saat mengonsumsi.

Berikut beberapa efek samping buah tin jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

  • Diare

Buah yang berasal dari Asia Barat memiliki kandungan serat yang tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menimbulkan risiko diare.

  • Alergi

Selain diare, mengkonsumsi buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan reaksi alergi. Kondisi ini bisa terjadi karena polen yang terdapat pada permukaan buah tin segar maupun kandungan yang terdapat di dalam buah tersebut.

  • Adanya interaksi dengan obat pengencer darah

Jenis buah ara yang kering maupun segar mengandung vitamin K yang tinggi. Kondisi ini perlu diperhatikan bagi orang yang rutin mengkonsumsi pengencer darah. Hal ini lantaran peran vitamin K sendiri adalah pengencer dalam proses pembekuan darah. Kondisi tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kerja obat pengencer darah.

Buah ara memang aman dikonsumsi namun perlu diingat mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Sebaiknya, konsumsi buah tin secukupnya khususnya untuk ibu hamil dan jangan jadikan buah tin sebagai obat.

cheer

Jika Ayah Bunda ingin meningkatkan kesuburan, kami memiliki layanan yang tepat untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah ini, tim kami segera menghubungi Anda!

Gangguan kesuburan bisa menyebabkan wanita sulit hamil. Selain mengonsumsi buah tin, periksakan diri Anda agar ditangani secara tepat.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Buat Janji?