Kanker Serviks Stadium 1: Gejala dan Cara Penanganannya

Gejala Kanker Serviks Stadium 1

Sangat penting mengetahui tanda-tanda atau gejala kanker serviks stadium 1, sebagai pencegahan dini. 

Jika berbicara mengenai kesehatan reproduksi perempuan, maka sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda kanker serviks stadium 1. Kanker serviks adalah kanker sel-sel di leher rahim. Mengenali tanda-tanda awal kanker serviks menjadi kunci untuk penanganan yang lebih efektif. 

Menurut catatan WHO (World Health Organization), kanker serviks merupakan jenis kanker keempat yang paling umum terjadi pada perempuan di seluruh dunia. Pada tahun 2020, sekitar 90% perempuan yang didiagnosis dengan kanker serviks tidak dapat diselamatkan karena kurangnya pemahaman mengenai bahaya dan gejala kanker ini.

Apa Itu Kanker Serviks?

Serviks adalah bagian terendah dari rahim (tempat bayi tumbuh selama kehamilan) yang memiliki bentuk mirip donat dan menghubungkan rahim dengan lubang vagina. Permukaan serviks ini dilapisi oleh jaringan sel sehat, yang memiliki potensi untuk berkembang menjadi sel prakanker.

Kanker serviks, juga dikenal sebagai kanker leher rahim, dimulai di permukaan serviks. Hal ini terjadi ketika sel-sel di leher rahim mengalami perubahan menjadi sel-sel prakanker. Tidak semua sel prakanker akan berkembang menjadi kanker, namun penting untuk mendeteksi dan mengobati sel-sel bermasalah ini sebelum mereka berubah menjadi kanker serviks.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Terdapat dua jenis utama kanker serviks, yaitu karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Sekitar 80% hingga 90% kasus kanker serviks adalah karsinoma sel skuamosa, sedangkan 10% hingga 20% sisanya adalah adenokarsinoma.

Gejala dan Tanda-Tanda Kanker Serviks Stadium 1

Tahap awal kanker serviks umumnya tidak menimbulkan gejala yang jelas dan sulit dideteksi. Tanda-tanda pertama kanker serviks mungkin memerlukan waktu beberapa tahun untuk berkembang. Melakukan skrining kanker serviks untuk menemukan sel abnormal adalah langkah terbaik dalam mencegah kanker serviks.

Tanda dan gejala kanker serviks stadium 1 yang mungkin muncul meliputi:

  • Keputihan berair atau berdarah yang mungkin cukup banyak dan memiliki bau yang tidak sedap.
  • Pendarahan vagina setelah hubungan seksual, antara periode menstruasi, atau setelah menopause.
  • Periode menstruasi yang lebih berat dan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Apabila kanker telah menyebar ke jaringan atau organ terdekat, gejalanya dapat meliputi:

  • Kesulitan atau nyeri saat buang air kecil, kadang-kadang dengan darah dalam urin.
  • Diare, nyeri, atau pendarahan dari rektum saat buang air besar.
  • Kelelahan, penurunan berat badan, dan hilangnya nafsu makan.
  • Rasa sakit secara umum.
  • Nyeri tumpul di bagian belakang atau pembengkakan pada kaki.
  • Nyeri panggul atau perut.

Jika Anda mengalami perdarahan yang tidak normal, keputihan yang mencurigakan, atau gejala lain yang tidak dapat dijelaskan, sangat penting untuk menjalani pemeriksaan ginekologi menyeluruh yang mencakup tes pap smear.

Seperti Apa Rasanya Mengalami Kanker Serviks

Pada tahap awal penyakit, nyeri akibat kanker serviks mungkin tidak begitu terasa, bahkan banyak orang yang mengalami kanker ini, tidak merasakan gejala sama sekali. Namun, seiring dengan perkembangan dan penyebaran kanker ke jaringan dan organ lain, Anda mungkin mulai mengalami gejala seperti nyeri panggul atau kesulitan buang air kecil. Selain itu, beberapa orang juga dapat merasakan ketidaknyamanan, kelelahan, atau kehilangan nafsu makan sebagai gejala umumnya.

Mengetahui Stadium Dalam Kanker

Menentukan stadium atau tahapan kanker penting karena hal tersebut membantu seseorang memutuskan jenis perawatan yang paling efektif.

Menentukan stadium pada kanker bertujuan untuk menilai sejauh mana kanker telah menyebar dan apakah sudah mencapai struktur terdekat atau organ yang lebih jauh.

Terdapat 4 stadium untuk memetakan kanker serviks.

  • Tahap 0: Sel pra kanker hadir. 
  • Tahap 1: Sel kanker telah tumbuh dari permukaan ke jaringan lebih dalam di serviks, dan mungkin telah menyebar ke rahim dan kelenjar getah bening terdekat. 
  • Tahap 2: Kanker telah bergerak melewati serviks dan rahim, tetapi belum mencapai dinding panggul atau bagian bawah vagina. Dapat atau tidak dapat mempengaruhi kelenjar getah bening terdekat. 
  • Tahap 3: Sel kanker ada di bagian bawah vagina atau dinding panggul, dan dapat menghalangi ureter, tabung yang membawa urine dari kandung kemih. Dapat atau tidak dapat mempengaruhi kelenjar getah bening terdekat. 
  • Tahap 4: Kanker mempengaruhi kandung kemih atau rektum dan berkembang di luar panggul. Dapat atau tidak dapat mempengaruhi kelenjar getah bening. Pada tahap 4 yang lebih lanjut, kanker akan menyebar ke organ yang jauh, termasuk hati, tulang, paru-paru, dan kelenjar getah bening.

Melakukan skrining dan mendapatkan pemeriksaan dini adalah hal yang tepat jika Anda mengalami gejala dari kanker serviks yang disebutkan di atas.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Cleveland Clinic. Diakses 2023. Cervical Cancer https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12216-cervical-cancer
  • Medical News Today. Diakses 2023. What you need to know about cervical cancer https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-you-need-to-know-about-cervical-cancer
  • Cancer.Net. Diakses 2023. Cervical Cancer: Symptoms and Signs https://www.cancer.net/cancer-types/cervical-cancer/symptoms-and-signs
  • World Health Organization. Diakses 2023. Cervical cancer https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/cervical-cancer
Avatar photo
Share:

 

3 Responses

  1. Uca berkata:

    Kontenya sangat menarik dan berbobot pak ,lanjutkan

  2. Elis berkata:

    Ka, dimana yaa pap smear yg bisa pakai BPJS atau yg ada promo biayanya??..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji