Kalender Kehamilan Cina untuk Menentukan Jenis Kelamin, Akurat?

kalender-kehamilan-china

Apa Itu Kalender Kehamilan Cina?

Kalender kehamilan Cina ini ditemukan di sebuah makam kerajaan China pada 700 tahun yang lalu. Prinsipnya, cara menghitung usia kehamilan melibatkan tanggal lahir calon ibu serta tanggal terjadinya pembuahan pada kalender khusus.

Kemudian angka-angka tersebut akan diubah menjadi usia lunar pada saat hamil dan tanggal konsepsi bulan. Dari perhitungan tersebut akan membantu Anda menunjukkan jenis kelamin bayi tersebut.

Menurut praktisi astrologi Tiongkok, kalender kehamilan Cina ini menunjukkan cara kerja yang cukup baik untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Kini, kalender asli tersebut dikabarkan telah disimpan di salah satu institut di Beijing.

Kalender Cina untuk Program Hamil

Tidak hanya digunakan dalam menentukan jenis kelamin bayi, kalender ini juga digunakan bagi pasangan suami istri yang merencanakan program hamil. Kalender kehamilan Cina ini membantu Anda menemukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan konsepsi.

Baca Juga : Aplikasi Program Hamil

Cara menghitungnya pun mirip dengan perhitungan untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Perbedaannya yakni menemukan bulan yang cocok untuk melakukan konsepsi berdasarkan usia Bunda.

Misalnya, jika Bunda memiliki rencana untuk mempunyai anak laki-laki di usia 28 tahun maka perkiraan hamil terjadi pada bulan Januari hingga Maret. Hal ini lantaran pada bulan tersebut menunjukkan simbol warna biru yang menandakan kemungkinan memiliki anak laki-laki.

Apakah Kalender Kehamilan Cina Akurat?

Dilansir dari What to Expert, kalender kehamilan Cina memiliki tingkat akurasi hingga 93 persen dalam mengetahui jenis kelamin bayi. 

Hal ini lantaran perhitungan didasarkan pada usia dan bulan mengandung. Meski begitu, hingga kini belum ada bukti ilmiah atau medis yang membuktikan hal tersebut.

Kalender kehamilan Cina ini umumnya hanyalah kepercayaan para orang tua zaman dahulu. 

Meski di antaranya ada beberapa yang benar terjadi sesuai prediksi. Hal ini yang membuat beberapa wanita menganggapnya jika kalender kehamilan Cina benar-benar akurat dalam menentukan jenis kelamin bayi.

Padahal hingga saat ini tidak ada bukti nyata kalender tersebut benar-benar berfungsi sebab kalender tersebut tidak didasarkan pada sains. Hal ini membuat perhitungan jenis kelamin bayi berdasarkan kalender Cina tidak lebih akurat dari pemeriksaan medis.

Cara Membaca Kalender Kehamilan Cina

cara-membaca-kalender-kehamilan-cina

Kalender kehamilan Cina dibaca secara horizontal, yakni dari bulan Januari hingga Desember. Sedangkan angka yang ditulis secara vertikal merupakan usia Bunda. 

Kolom dengan simbol berwarna biru melambangkan jenis kelamin bayi laki-laki sedangkan symbol berwarna merah muda melambangkan jenis kelamin bayi perempuan.

Dari kalender Cina tersebut, Anda dapat membacanya dengan menarik garis vertikal bulan saat melakukan pembuahan serta garis horizontal yang menunjukkan usia Bunda. Ketika dua garis tersebut bertemu maka akan menunjukkan jenis kelamin calon bayi Anda.

Apa Perbedaan Kalender Cina dan Masehi?

Penanggalan pada kalender Cina dimulai pada tahun 551 Sebelum Masehi. Cara penanggalan ini bertepatan dengan kelahiran Konfusius, yakni tokoh penting dalam peradaban Cina. Kemudian penanggalan ditandai dengan bulan baru yang mengakhiri musim dingin.

Kalender Cina diciptakan berdasarkan pergerakan bulan terhadap bumi yang memiliki rentang waktu lebih singkat. Pada setahun kalender Cina memiliki 353 – 355 hari dalam setahun.

Baca Juga : Kalkulator Masa Subur

Sedangkan kalender Masehi diciptakan berdasarkan pergerakan bumi terhadap matahari. Kalender Masehi ini dimulai di tahun Yesus Kristus lahir dan terus berjalan hingga sekarang. Pada kalender Masehi ini menggunakan sistem 365 hari 5 jam 48 menit 46 detik dalam setahun.

Sisa jam tersebut yang akan menjadi total 24 jam setiap 4 tahun sekali sehingga muncul tahun kabisat di mana pada tahun tersebut, bulan Februari terdapat 29 hari.

Cara Lain Mengetahui Jenis Kelamin Bayi

Mungkin Bunda telah mencoba memperkirakan jenis kelamin bayi menggunakan kalender kehamilan Cina. Namun, hasil tersebut belum tentu akurat. Beberapa pemeriksaan jenis kelamin bayi yang terbukti secara ilmiah.

  • Pemeriksaan Ultrasonografi (USG)

Salah satu pemeriksaan yang cukup umum untuk mengetahui jenis kelamin bayi adalah ultrasonografi (USG). Pemeriksaan ini dilakukan menggunakan gelombang frekuensi tinggi yang dapat menghasilkan gambar janin di dalam perut.

Baca Juga : Cara Menghitung Siklus Haid yang Tepat

Melalui pemeriksaan USG, Anda dapat mengetahui jenis kelamin bayi tersebut laki-laki atau perempuan. Pemeriksaan ini memiliki hasil yang akurat hingga bayi tersebut lahir.

  • Pengambilan Sampel Vilus Korionik dan Amniosentesis

Pemeriksaan lain yang memiliki hasil akurat adalah pengambilan sampel vilus korionik ini biasanya dilakukan jika terdapat risiko bayi memiliki kelainan genetik atau kromosom. 

Selain dapat mendeteksi kromosom pada janin, pemeriksaan ini juga dapat mengidentifikasi jenis kelamin bayi.

Prosedurnya dilakukan dengan cara memasukkan jarum tipis ke dalam rahim melalui perut untuk menarik sampel cairan agar dapat menganalisis kromosom.

  • Tes DNA

Cara lain untuk mengetahui jenis kelamin bayi dapat dilakukan tes DNA. Menurut jurnal yang diterbitkan The Journal of American Medical Association (JAMA), melalui tes DNA yang diambil dari sampel darah dapat mendeteksi jenis kelamin janin.

Tertarik mendeteksi jenis kelamin bayi melalui kalender kehamilan Cina? Tidak masalah jika Anda melakukannya namun perlu diingat jika hasilnya belum tentu akurat. Tetap lakukan pemeriksaan ke dokter untuk hasil yang lebih akurat, ya!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Buat Janji?