Hamil 4 Bulan: Gejala, Perkembangan Bayi, dan Ukuran

Hamil 4 Bulan

Hamil empat bulan menandakan Anda telah memasuki trimester kedua kehamilan. Apa saja gejalanya dan sudah sebesar apa bayi yang dikandung?

Selamat datang di trimester kedua kehamilan! Bulan keempat, yakni usia kehamilan 13 hingga 16 minggu, adalah awal dari masa yang disebut periode “bulan madu”. Energi telah kembali dan ibu hamil bisa menikmati berbagai makanan tanpa dihantui rasa mual atau muntah. 

Di bulan ini, calon ibu mengalami cukup banyak perubahan pada tubuhnya. Bayi pun sedang mengalami fase tumbuh kembang yang cepat.

Perubahan pada tubuh ibu saat hamil 4 bulan

Di bulan keempat kehamilan, perut ibu sudah mulai terlihat menonjol. Ini karena rahim sedang bertumbuh dan membesar ke arah rongga perut. Namun, posisi rahim masih beberapa sentimeter di bawah pusar. Pertambahan berat badan juga mulai terasa, yakni sekitar 4-5 kg dari sebelum hamil.

Perubahan fisik lain yang terjadi saat hamil 4 bulan, yakni:

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

  • Perubahan pada kulit. Hormon kehamilan yang meningkat menyebabkan sebagian ibu hamil berjerawat. Ibu hamil tetap boleh menggunakan produk perawatan kulit asal tidak mengandung retinol, hidrokuinon, dan paraben. 
  • Perubahan payudara. Sejak awal bulan keempat, puting dan areola payudara akan menjadi lebih gelap. Pembuluh darah yang melebar akibat meningkatnya aliran darah juga akan tampak di bawah kulit. Ukuran payudara akan terus membesar dan kadang terasa nyeri.
  • Edema. Sebagian ibu hamil akan mengalami pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki, yang bisa berlanjut hingga akhir masa kehamilan. Untuk mengatasinya, sering-seringlah beristirahat saat beraktivitas. Hindari berdiri atau duduk dalam waktu lama. Bila muncul pembengkakan yang tidak normal, khususnya pada wajah dan tangan, segera kunjungi dokter.
  • Varises tungkai. Meningkatnya volume dan aliran darah akan memperbesar pembuluh vena (balik) pada tungkai bawah (kaki) sehingga memicu varises.

Perubahan-perubahan yang bersifat ringan ini tidak perlu dikhawatirkan oleh karena normal dialami pada masa kehamilan.

Gejala yang bisa muncul saat hamil 4 bulan

Di bulan ini, kadar hormon beta-hCG mulai menurun, sedangkan progesteron dan estrogen meningkat. Akibatnya, keluhan mual dan muntah jauh berkurang, bahkan menghilang. 

Rahim yang semakin membesar dan keluar dari rongga panggul akan menekan organ-organ lain di sekitarnya. Oleh sebab itu, ibu hamil dapat mengalami masalah pencernaan, seperti rasa terbakar di dada (heartburn) dan sembelit, sesak napas, hingga sering buang air kecil.

Selain itu, untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi yang cepat, volume dan aliran darah ibu akan meningkat. Namun, ini dapat menyebabkan gejala kehamilan yang cukup mengganggu, seperti gusi berdarah, mimisan, atau hidung tersumbat. Keluhan pusing atau rasa mau pingsan juga kerap dirasakan akibat perubahan ini.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi saat hamil 4 bulan

Di bulan keempat kehamilan, panjang bayi sekitar 18 cm dan beratnya mencapai 100 gram. Kurang lebih, bayi berukuran sebesar buah alpukat. Tetapi, kandungan lemak bayi tak sebanyak alpukat di usia ini. Bayi masih tampak kurus dan kulitnya tembus pandang. Jadi, seandainya Anda mengintip ke dalam rahim, pembuluh darah bayi bisa dengan jelas terlihat di bawah kulit tipisnya.

Saat ini, tubuhnya mulai ditumbuhi rambut, yang disebut dengan lanugo. Lanugo ini berfungsi untuk membantu zat lilin yang disebut verniks kaseosa, menempel pada kulit bayi. Lapisan zat lilin akan melindungi kulit bayi yang belum lahir dari cairan yang mengiritasi dan infeksi di dalam kandungan. 

Organ reproduksi juga berkembang cepat di mana bakal sel sperma dan folikel sel telur sudah mulai muncul. Tulang punggung serta otot-otot kecil di punggung bayi mulai ada kekuatannya, sehingga bayi bisa lebih meluruskan kepala dan lehernya.

Perkembangan bayi yang paling bermakna di bulan ini ada di bagian kepalanya, khususnya pada organ mata dan telinga. Otot-otot wajah yang mulai berkembang membuat bayi mampu menampilkan beberapa kerutan dan ekspresi wajah. Mata bayi mulai bergerak ke kanan dan ke kiri dan mulai sensitif (mengenali) terhadap cahaya meski kelopak matanya masih tertutup.

Bayi juga mulai bisa mendengar suara ibu dari dalam rahim. Namun, kemampuan ini baru akan berfungsi penuh saat usia kehamilan mencapai 18 minggu. Ibu hamil dapat mulai berbicara dan bernyanyi agar bayi mulai mengenal suara ibu. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menjalin ikatan batin dengan bayi.

Perkembangan lain yang juga penting, yakni munculnya kebiasaan mengisap jempol. Kemampuan ini akan menjadi modal untuk bayi menyusu nantinya. Sistem sirkulasi bayi sekarang sudah aktif dan berfungsi. Faktanya, jantung bayi di usia kehamilan 4 bulan ini sudah mampu memompa sekitar 25 liter darah dalam sehari.

Tips agar kehamilan 4 bulan tetap sehat dan nyaman

Berikut adalah beberapa saran agar kehamilan di trimester kedua ini bisa tetap nyaman dan sehat:

  • Lanjutkan aktivitas fisik yang teratur. Olahraga yang aman bagi ibu hamil umumnya mencakup berjalan, berenang, yoga, dan pilates. Pilihan Anda mungkin berbeda, yang penting olahraga yang dilakukan sudah dipastikan aman oleh dokter.
  • Konsumsi sumber kalori yang sehat saat berolahraga. Saat hamil, Anda bisa mengonsumsi 100-200 Kalori ekstra untuk setiap setengah jam olahraga berat yang dilakukan. Pilih sumber kalori yang kaya nutrisi dan sehat, seperti smoothies atau kombinasi yogurt dengan sereal/granola, buah-buahan seperti apel/pisang/pir, roti gandum dengan olesan selai kacang, serta keju.
  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Selama hamil, Anda harus makan sekitar 300 Kalori ekstra per hari. Namun, ada cara yang sehat untuk menambah berat badan saat hamil. Pilihlah makanan yang:
    • Kaya serat, serealia utuh, vitamin, zat besi, asam folat, dan antioksidan.
    • Kaya dengan asam lemak sehat, seperti yang ada di dalam selai kacang (peanut butter) dan alpukat.
    • Tinggi protein dan kalsium, untuk mendukung kesehatan otot dan tulang ibu serta bayi.
  • Cukup minum. Ibu hamil sangat mudah mengalami dehidrasi, yang dapat memicu kelelahan, sakit kepala, dan rasa melayang.
  • Tidur miring kiri. Gunakan bantal di sekitar sisi tubuh dan di antara kedua kaki agar nyaman. Posisi tidur yang seperti ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke janin yang sedang berkembang. Hindari tidur telentang. 
  • Bila terdapat keluhan gusi berdarah, segera konsultasikan ke dokter gigi untuk menghindari komplikasinya.
  • Mimisan, hidung dan telinga yang tersumbat umum terjadi di bulan ini. Selalu sedia tisu dan obat yang diperlukan ke manapun Anda pergi. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan semprot atau flush larutan garam. Gunakan pula humidifier di dalam ruangan atau sedikit olesan petroleum jelly di bawah hidung untuk mengurangi kekeringan pada hidung.
  • Kelola nyeri punggung. Alih-alih bermalas-malasan karena alasan nyeri, coba lakukan yoga, pilates, atau peregangan otot. Semua ini akan membantu meregangkan dan mengendurkan tegangan-tegangan otot di area punggung.
  • Mulailah mencari baju hamil oleh karena perut Anda mulai membesar. Saat ini, baju-baju Anda yang biasanya mungkin sudah mulai ketat dan tidak nyaman. 
  • Kenakan pakaian dalam berbahan katun. Keputihan umum terjadi pada kehamilan dan jumlahnya dapat semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Pastikan area kelamin tetap bersih dan kering, serta kenakan celana dalam katun yang menyerap keringat. 
  • Nikmati hubungan intim bersama pasangan di bulan-bulan ini. Menjaga keintiman adalah hal yang penting dalam pernikahan. Dengan demikian, baik Anda maupun pasangan tetap bisa terhubung dan saling mendukung dalam menjalani proses kehamilan itu sendiri. Meski demikian, pastikan dulu dengan dokter bahwa tidak ada hal-hal yang menjadi kontraindikasi untuk berhubungan intim saat hamil.

Kapan harus ke dokter di hamil 4 bulan?

Bila Anda mengalami salah satu gejala berikut di usia kehamilan 4 bulan, segera hubungi dokter Anda:

  • Muncul bercak perdarahan baru atau peningkatan jumlah yang bermakna dari sebelumnya
  • Perdarahan yang tampak banyak pada pembalut
  • Nyeri punggung atau perut yang berat
  • Demam di atas 38,5 derajat Celcius
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Penglihatan buram
  • Rasa melayang yang ekstrim hingga ingin pingsan
  • Keluar air-air dari vagina (yang artinya ketuban pecah)
  • Sakit kepala yang terus-menerus atau semakin memberat
  • Mual atau diare yang terus-menerus

Memiliki salah satu dari gejala ini belum tentu menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kehamilan Anda. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk menyingkirkan penyebab-penyebab yang bersifat serius dan bisa menimbulkan komplikasi pada kehamilan.

Penutup

Bagi Anda yang kini memasuki usia kehamilan 4 bulan, nikmatilah waktu-waktu ini. Ini adalah waktu terbaik untuk menikmati hidup dan bepergian sebelum rasa tidak nyaman kembali muncul ketika masuk trimester ketiga. Salam sehat!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • American College of Obstetricians and Gynecologists. [Last reviewed December 2021]. How your fetus grows during pregnancy. FAQ 156. URL: https://www.acog.org/womens-health/faqs/how-your-fetus-grows-during-pregnancy
    American College of Obstetricians and Gynecologists. Changes during pregnancy. PFSI026. URL: https://www.acog.org/womens-health/infographics/changes-during-pregnancy
  • Cleveland Clinic. [Last reviewed 3 Mar 2023]. Fetal development. URL: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/7247-fetal-development-stages-of-growth
  • Fowler JR, Mahdy H, Jack BW. Pregnancy. [Updated 2023 Apr 22]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan-. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448166/ 
  • UNICEF Parenting. Pregnancy milestones. URL: https://www.unicef.org/parenting/pregnancy-milestones
Share:

2 Responses

  1. Rini berkata:

    Terimakasih dokter, semoga kita bisa ketemu, aku jg di Luwuk Banggai tinggal

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Rini,

      Apabila ingin konsultasi dengan dokter spesialis Bocah Indonesia bisa hubungi ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter ya bunda

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji