Keluar Darah Haid Menggumpal, Apakah Berbahaya?

darah haid menggumpal

Keluar darah haid yang menggumpal merupakan hal normal. Namun, perlu waspada jika disertai gejala tertentu karena bisa menandakan kondisi atau masalah pada rahim.

Bagi wanita, keluar darah haid menggumpal seperti daging merupakan hal yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi pada hari pertama menstruasi dan akan menghilang dengan sendirinya. Meski begitu, jika Anda mengalami kondisi ini disertai dengan siklus yang tidak teratur atau berlangsung lebih lama maupun pendarahan berat, bisa jadi kondisi ini menandakan masalah pada organ reproduksi.

Penyebab Darah Haid Menggumpal

Keluar gumpalan darah saat haid ini disebabkan meluruhnya jaringan pada dinding rahim yang keluar melalui vagina. Pada saat haid, lapisan rahim akan menebal untuk mempersiapkan tubuh terhadap kehamilan. Jika tidak terjadi kehamilan maka lapisan rahim akan meluruh sehingga terjadilah menstruasi.

Warna darah yang menggumpal pada saat haid pun berbeda-beda. Ada gumpalan darah yang menyerupai gel berwarna merah terang, merah tua, hingga kecoklatan. Ukurannya pun bervariasi, ada yang kecil hingga agak besar.

Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan hal normal yang terjadi pada saat periode menstruasi tiba. Namun, hati-hati jika darah haid yang menggumpal lebih dari seperempat bagian pembalut. Hal tersebut bisa menandakan adanya masalah pada rahim. Jika hal ini terjadi maka harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Kondisi yang Perlu Diwaspadai

Darah menggumpal saat haid dikatakan tidak normal jika disertai gejala lainnya dan menyebabkan beberapa kondisi, seperti:

1. Ketidakseimbangan hormon

Hormon reproduksi yang tidak seimbang bisa memengaruhi kondisi organ reproduksi itu sendiri. Dalam hal ini, keseimbangan hormon estrogen dan progesteron memengaruhi kondisi lapisan rahim. Jika terdapat ketidakseimbangan antarkeduanya maka dapat memicu terjadi penggumpalan darah saat haid.

2. Infeksi dalam rahim

Kondisi ini ditandai dengan periode haid yang lebih lama dari biasanya. Infeksi yang terjadi pada saluran vagina dan rahim ini menyebabkan keluarnya darah yang menggumpal. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus maka bisa menyebabkan anemia.

3. Miom

Darah haid yang menggumpal juga bisa menjadi tanda adanya miom atau fibroid. Selain itu, kondisi ini juga ditandai dengan nyeri haid yang berlebihan. Kondisi ini wajib diwaspadai jika pembalut Anda pada saat menstruasi sudah penuh dalam waktu 1-2 jam disertai dengan banyaknya gumpalan darah.

4. Endometriosis

Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan yang mirip lapisan rahim (endometrium) di luar rahim. Kondisi ini belum diketahui pasti penyebabnya. Namun, kondisi ini bisa menyebabkan keluar darah haid yang menggumpal. Hal ini lantaran jaringan tersebut tumbuh di luar rahim sehingga endometrium luruh bersama dengan haid. Perdarahan ini juga bisa terjadi di luar jadwal menstruasi.

5. Adenomiosis

Adenomiosis adalah kondisi jaringan lapisan dinding rahim tumbuh di dalam dinding otot rahim. Jaringan dapat terus tumbuh dan menebal sehingga meluruh dengan sendirinya. Kondisi ini bisa terjadi pada saat menstruasi yang memicu keluarnya darah haid menggumpal serta pendarahan yang berat.

6. Tanda jelang menopause

Bagi wanita, menopause dapat terjadi ketika memasuki usia 50 tahun ke atas. Kondisi ini juga bisa ditandai dengan keluarnya darah haid yang menggumpal seperti daging untuk melepaskan sisa pembuahan yang akan habis mengingat masa reproduksi segera berakhir.

7. Keguguran

Keluarnya darah menggumpal di luar jadwal haid bisa menjadi salah satu tanda-tanda keguguran. Umumnya, gejala keguguran ini ditandai dengan keluarnya jaringan seperti gumpalan daging. Kondisi ini terjadi pada usia awal kehamilan. Beberapa wanita yang mengalami keguguran tidak sadar sedang hamil.

8. Kanker

Gumpalan darah disertai dengan perdarahan hebat juga bisa menjadi tanda kanker serviks dan kanker rahim. Kondisi ini biasanya terjadi setelah berhubungan atau di luar periode menstruasi.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika gumpalan darah keluar pada saat periode haid, teksturnya tipis, dan tidak berlebihan maka Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut. Warna merah gelap pada darah haid yang menggumpal juga merupakan kondisi normal. Hal ini menandakan jika darah yang sudah tersimpan lama di dalam rahim akan meluruh pada saat haid.

Namun, jika Anda mengalami keluarnya darah haid yang menggumpal menyerupai butiran disertai beberapa kondisi, seperti:

Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kondisi kesehatan rahim yang bermasalah. Melakukan pemeriksaan ke dokter sedini mungkin juga membantu penanganan yang lebih cepat dan tepat.

Cara Mengatasi Darah Haid Menggumpal

Pada umumnya, keluarnya darah haid yang menggumpal tidak dapat dicegah. Namun, kondisi ini dapat diatasi dengan menjalani pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang mengandung estrogen, meningkatkan asupan zat besi, hingga mengonsumsi obat-obatan.

1. Meningkatkan asupan zat besi

Bagi wanita yang sedang haid, meningkatkan zat besi penting untuk mencegah anemia. Hal ini lantaran perdarahan dengan volume yang cukup banyak serta perdarahan yang berlebihan bisa membuat tubuh lemas hingga pusing.

Menurut jurnal yang diterbitkan Pakistan Journal of Medical Sciences, 63,4 persen wanita mengalami menoragia dan anemia pada saat haid. Asupan ini perlu dikonsumsi untuk mengembalikan kadar normal zat besi dalam darah.

2. Mengonsumsi makanan mengandung estrogen

Konsumsi jenis makanan ini dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung estrogen, seperti kacang kedelai, brokoli, kubis, kol, buah kering, tempe, dan tahu.

3. Minum obat anti nyeri

Mengonsumsi obat antinyeri haid dapat mengurangi rasa sakit atau kram saat menstruasi. Jenis anti nyeri yang sering dikonsumsi seperti paracetamol atau ibuprofen.

4. Terapi hormonal

Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan kondisi terjadinya darah haid yang menggumpal. Oleh sebab itu, kedua kadar hormon tersebut harus dalam keadaan normal. Dalam kondisi ini maka dokter akan memberikan terapi hormonal untuk mengatasinya.

5. Konsumsi obat antifibrinolitik

Jenis obat antifibrinolitik, seperti lysteda (asam traneksamat) atau amicar (asam aminokaproat) dalah obat yang dapat mengurangi penggumpalan darah haid.

Dalam jurnal yang diterbitkan Contraception and Reproductive Medicine, lysteda dapat mengurangi hingga 58 persen aliran menstruasi.

Meski begitu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan beberapa cara di atas untuk penanganan yang tepat.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Kocaoz, S., et al. (2019). The prevalence and impacts heavy menstrual bleeding on anemia, fatigue and quality of life in women of reproductive age: Heavy menstrual bleeding,Anemia, Fatigue & QOL in women of reproductive age. Vol. 35 No. 2 (2019): March – April 2019. 
  • Shoupe, D. (2021). The Progestin Revolution: progestins are arising as the dominant players in the tight interlink between contraceptives and bleeding control. Contraception and Reproductive Medicine, 6(1). 
  • Sriprasert, I., et al. (2017). Heavy menstrual bleeding diagnosis and medical management. Contracept Reprod Med. 2017; 2: 20.
Avatar photo
Share:

 

11 Responses

  1. alya berkata:

    Dok saya mau tanyak kalo haid mengeluarkan gumpalan seperti daging namung ad butiran²dbagian bawah seperti org keguguran,apakah itu wajar dok?

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Alya,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter

      Klik disini

  2. Indah berkata:

    Selamat siang dok..
    Dokter saya mau tanya
    Saya haid sudah 7hari dok..hari ke 5. 1 harian tidak kluar tapi MLM nya pas mau tidur tibah² keluar lagi dok selama 5menit derass x kluar ny gumpalanya pun besar² kluar ny dok..dan hari ke 6 ke 7pun sama kyk hari ke 5 dok..itu kenapa ya dok.
    Makasih

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Indah,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter ya..

      Klik disini

  3. Sonia berkata:

    Masi dok aku pernah mens tapi sekarang udah gk pas sy sakit pas umur saya 14 empat belas tahun sekarang udah lima belas tahun kok belum men lagi pas men ad gumpelan darah gede lumayan si dok gimn ny dok

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Sonia,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter dengan klik di bawah ini

      Klik disini

  4. Uni berkata:

    Dok apakah wajar selama haid dari hari 1 s/d hari ke 4 selalu ada gumpalan darah, haid saya tidak teratur dok kdng 2 bulan sekali kdg juga 3 bln sekali
    Mohon pencerahannya dok

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      untuk mendapatkan jawaban yang akurat sebaiknya konsultasi ke dokter spesialist kami, untuk penjadwalnya bunda bisa hubungi ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) dengan klik link di bawah ini

      Klik disini

  5. Unida ismadianti berkata:

    Dok apakah wajar selama haid dari hari 1 s/d hari ke 4 selalu ada gumpalan darah, haid saya tidak teratur dok kdng 2 bulan sekali kdg juga 3 bln sekali
    Mohon pencerahannya dok

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      untuk mendapatkan jawaban yang akurat sebaiknya konsultasi ke dokter spesialist kami, untuk penjadwalnya bunda bisa hubungi ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) dengan klik link di bawah ini

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji