Catat! Bahaya Radiasi, Ayah Bunda Perlu Atensi

Catat! Bahaya Radiasi, Ayah Bunda Perlu Atensi

Efek radiasi diketahui bisa mempengaruhi kesuburan pria. Namun, hingga kini belum ada penelitian yang berkaitan dengan bahaya radiasi terhadap program hamil.

Seiring perkembangan teknologi, ponsel menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari yang sulit dipisahkan. Sayangnya, dengan segala kecanggihan teknologi di dalamnya, ponsel memiliki radiasi yang dapat memberikan sejumlah efek bagi penggunanya.

Radiasi yang terdapat pada ponsel dihasilkan oleh gelombang radio yang menjadi sistem kerja ponsel. Radiasi yang menyebar ke seluruh arah ini juga mencapai ke tubuh penggunanya.  Jika sering terpapar tentu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan penggunanya.

Lantas, benarkah radiasi ponsel bisa memengaruhi kondisi kesuburan Ayah Bunda?

Baca juga: Waspada! 4 Efek Radiasi Handphone untuk Kesehatan, Mempengaruhi Kesuburan?

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Dampak Radiasi Terhadap Kesuburan

Terdapat beberapa risiko yang diakibatkan dari radiasi ponsel, seperti risiko terjadinya kanker meningkat serta pengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Namun, rupanya radiasi ponsel bisa berdampak terhadap kesuburan, salah satunya adalah terhadap kesuburan pria.

Meletakkan ponsel di saku celana bisa memicu menurunnya tingkat kesuburan pada pria. Hal ini lantaran radiasi ponsel bisa mempengaruhi kualitas sperma.

Menurut dr. Gito Wasian, Sp.And., dokter spesialis andrologi Bocah Indonesia menyebutkan jika kebiasaan memangku laptop atau menyimpan ponsel di saku celana bisa berdampak pada kualitas sperma Ayah.

“Misalnya Ayah yang sedang WFH terus pakai laptop, laptopnya dipangku atau hp on terus dikantongin juga nggak bagus (untuk sperma),” kata dr. Gito.

Meski begitu, radiasi ponsel yang dipercaya memengaruhi tingkat kesuburan pria masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Perlu diingat, kesuburan Ayah tidak hanya dipengaruhi oleh radiasi ponsel namun beberapa kebiasaan buruk lainnya, seperti:

  • Sering mengenakan celana ketat
  • Kerap mandi dengan air hangat atau berendam di air panas
  • Kebiasaan bersepeda dengan waktu yang cukup lama
  • Kebiasaan lainnya yang memberikan efek terhadap area selangkangan

Sayangnya, hingga kini belum ada penelitian terkait dampak radiasi ponsel terhadap kesuburan Bunda maupun saat sedang promil.

Namun, radiasi memiliki dampak bagi ibu hamil jika sering terpapar. Hal ini lantaran ibu hamil yang sering terpapar radiasi memiliki risiko mengalami persalinan prematur. Meski bayi yang lahir secara prematur bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Sebaiknya, ibu hamil disarankan untuk tidak meletakkan ponsel di atas perut terlalu sering sebagai langkah pencegahan.

Baca juga: Laptop Dipangkuan Terbukti Cegah Kesuburan? 

Tips Mengurangi Dampak Radiasi Ponsel

Meski tidak dapat dicegah, Ayah Bunda bisa meminimalisir dampak paparan radiasi ponsel terhadap kesehatan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Gunakan ponsel jika diperlukan
  • Jika tidak digunakan, jauhkan ponsel dari tubuh
  • Hindari meletakkan ponsel di saku celana
  • Jangan biarkan anak bermain ponsel terlalu lama

Dampak ponsel terhadap kesuburan memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya bagi Ayah Bunda untuk mengambil langkah pencegahan untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan dari radiasi tersebut.

Demikian penjelasan terkait radiasi ponsel terhadap kesuburan Ayah Bunda. Jika Ayah Bunda ingin program hamil optimal maka jalani pola hidup sehat, olahraga yang teratur, dan periksakan kondisi kesuburan.

Bagikan informasi ini untuk Ayah Bunda para pejuang garis dua lainnya, yuk!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Gorpinchenko, I., et al. (2014). The influence of direct mobile phone radiation on sperm quality. Cent European J Urol. 2014; 67(1): 65–71. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4074720/
  • Okechukwu, C.E. (2020). Does the Use of Mobile Phone Affect Male Fertility? A Mini-Review. J Hum Reprod Sci. 2020 Jul-Sep; 13(3): 174–183. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7727890/
  • Yu, G., et al. (2021). Current progress on the effect of mobile phone radiation on sperm quality: An updated systematic review and meta-analysis of human and animal studies. Environmental Pollution, Volume 282, 1 August 2021, 116952. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0269749121005340
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji