Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Miom, Terbukti Efektif?

cara-mengolah-daun-sirsak-untuk-miom

Tanaman sirsak sering diandalkan sebagai salah satu metode pengobatan untuk gangguan kesehatan. Hal ini lantaran kandungan yang terdapat di dalamnya dapat membuat sirsak menjadi sumber nutrisi dan daunnya yang diolah sebagai obat herbal.

Daun sirsak dikenal sebagai salah satu obat herbal yang dapat membantu mengatasi kanker, seperti kanker paru-paru hingga kanker payudara. 

Selain itu daun sirsak juga dianggap memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi beberapa kondisi, seperti batuk pilek, radang tenggorokan, diabetes, infeksi, dan herpes.

Nah, daun sirsak juga ternyata dipercaya dalam pengobatan miom. Hal ini lantaran kandungan zat yang terdapat pada daun sirsak.

Daun Sirsak untuk Miom

Miom atau mioma merupakan pertumbuhan sel abnormal dari jaringan otot rahim. Meski kondisi ini bersifat jinak namun bisa menyebabkan wanita susah hamil. Untuk selengkapnya, Anda bisa mengunjungi mengenai miom di sini

Penanganan miom tergantung pada masing-masing penyebabnya. Nantinya, dokter akan memberikan pilihan terapi untuk mengatasi mioma.

Selain metode pengobatan yang dilakukan melalui terapi dan pembedahan, banyak yang memilih untuk menyembuhkan miom melalui pengobatan herbal dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak.

Daun sirsak mengandung senyawa acetogenin yang memiliki sifat antitumor dan antikanker. Selain itu, vitamin E di dalamnya dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. 

Senyawa lain yang terkandung pada daun sirsak adalah fenol dan polifenol yang dapat membantu menurunkan risiko tumor.

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Miom

Ramuan herbal daun sirsak ini dipercaya sebagai warisan turun temurun yang dipercaya untuk mengatasi beberapa gangguan reproduksi pada wanita, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kanker.

Berikut cara mengolah daun sirsak sebagai ramuan herbal untuk mengobati miom.

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak.
  • Cuci daun sirsak dengan air bersih.
  • Siapkan panci yang berisi 3 gelas air, lalu rebus daun sirsak hingga mendidih.
  • Rebus air sirsak hingga tersisa satu gelas. Angkat, kemudian saring daun sirsak.
  • Air rebusan daun sirsak siap diminum.

Efek Samping Daun Sirsak

Meski kandungan zat pada daun sirsak memberikan manfaat yang baik untuk masalah kesehatan namun juga memberikan efek samping pada tubuh. Kondisi ini terjadi jika Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan.

Efek samping daun sirsak yang ditimbulkan bisa menyebabkan gangguan pada ginjal dan hati. Selain itu, reaksi efek samping bisa disebabkan dari suplemen daun sirsak yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Kerusakan bisa terjadi pada saraf otak, bisa mengganggu kendali gerak pada tubuh serta halusinasi. Risiko lainnya bisa menimbulkan kemungkinan gangguan yang menyerupai gejala penyakit Parkinson.

Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan Anda tidak dapat mengkonsumsi daun sirsak, seperti:

  • Memiliki kadar trombosit yang rendah.
  • Menjalani pengobatan tekanan darah tinggi.
  • Menjalani pengobatan diabetes.
  • Menderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, dan gangguan hati.
  • Pemeriksaan pemindaian berbasis nuklir.

Makanan Penghancur Miom

Selain mengkonsumsi ramuan herbal rebusan daun sirsak, Anda dapat membantu mengatasi miom dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat menghancurkan miom, seperti:

  • Makanan yang mengandung serat tinggi (sayuran, buah, roti gandum, dan kacang-kacangan).
  • Makanan yang mengandung antioksidan (sayuran, buah, dan lain-lain).
  • Makanan yang mengandung kalium (alpukat, pisang, tomat, jeruk, lemon, blewah, kentang).
  • Makanan yang mengandung vitamin D (keju, susu, ikan salmon, ikan tuna, sereal yang difortifikasi).
Untuk lengkapnya, Anda bisa lihat jenis-jenis makanan penghancur miom disini : Jenis makanan penghancur MIOM
 
Jenis Makanan yang Harus Dihindari

Jika Anda mengalami miom sebaiknya juga disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan. Hal ini lantaran ada beberapa makanan yang justru menjadi pantangan bagi para penderita miom, seperti:

  • Makanan yang mengandung gula. Bagi penderita miom, sebaiknya hindari konsumsi gula meja, glukosa, dekstrosa, maltosa, sirup jagung, makanan yang terbuat dari tepung-tepungan (roti putih, pasta), minuman kemasan, dan keripik kentang.
  • Daging merah.
  • Makanan yang berpotensi meningkatkan kadar estrogen (kacang kedelai, susu kedelai, tahu).

Kesimpulan

Perlu dicatat, meskipun daun sirsak dipercaya sebagai obat herbal yang memiliki senyawa bersifat antikanker dan antitumor namun belum ada bukti ilmiah yang banyak mengenai ini. Pengobatan herbal pun bukan standar dalam perawatan dan pengobatan miom.

Saat ini metode pengobatan miom dilakukan dengan melakukan terapi obat-obatan atau dengan metode pembedahan.

Selain itu, obat herbal belum tentu terbukti efektif dan aman untuk mengatasi miom. Pastikan untuk konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi obat herbal.

Ubah pola hidup yang sehat dengan melakukan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat yang dianjurkan. Jika miom masih belum teratasi, segera periksakan diri ke dokter.

cheer

Jika Anda ingin mengatasi miom tanpa khawatir, kami menyediakan layanan yang tepat untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah ini, tim kami segera menghubungi Anda!

Miom merupakan sebuah gangguan reproduksi yang dialami wanita. Hati-hati, miom bisa menjadi salah satu faktor penyebab infertilitas. Segera periksakan diri Anda.

  • Y, Puriyanti., Kamal, N., S, Selly Aulia., M, Ardiansyah. (2018). Ekstraksi Annonaceous Acetogenin Dari Daun Sirsak (Annona Muricata L.) Untuk Menentukan Variabel Optimum Terhadap Hasil Ekstraksi. Jurnal ITEKIMA, ISSN: 2548-947x Vol.4, No.2, Agustus 2018.
  • Susanti., Sari, A. I. (2017). Potensi Sirsak (Annona muricata) sebagai Pencegahan Kista Ovarium. Majority | Volume 6, Nomor 2, Maret 2017.
  • Wijaya, M. (2012). Ekstraksi annonaceous acetogenin dari daun sirsak, annona muricata, sebagai senyawa bioaktif antikanker.
  • Rady, I., et al. (2018). Anticancer Properties of Graviola (Annona muricata): A Comprehensive Mechanistic Review. Oxid Med Cell Longev. 2018 Jul 30; 2018:1826170.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime