Cara Mengobati Varikokel Bisa Dilakukan Secara Alami?

Cara Mengobati Varikokel Bisa Dilakukan Secara Alami

Varikokel adalah salah satu gangguan kesehatan pada organ reproduksi pria. Namun, apakah varikokel dapat memengaruhi kondisi kesuburan?

Ayah, tahu nggak sih jika banyak pria yang tidak menyadari jika dirinya memiliki varikokel? Pada umumnya, varikokel tidak menimbulkan gejala dan tidak berbahaya. Namun, kondisi ini bisa menyebabkan pasangan suami istri sulit mendapatkan kehamilan, lho.

Oleh sebab itu, Ayah perlu mengetahui bagaimana cara mengobati varikokel untuk dapat menentukan program hamil yang tepat. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu apa itu varikokel.

Baca juga: Kenali Penyebab Varikokel dan Pengaruhnya Pada Kesuburan Pria

Apa Itu Varikokel?

Varikokel adalah pembengkakan yang terjadi pembuluh darah vena dalam kantong buah zakar (skrotum). Kondisi ini juga disebut sebagai varises pada buah zakar atau testis. Hal ini lantaran pembuluh darah pada testis yang biasanya tidak teraba dan akan membengkak.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Baca Juga : Dokter Spesialis Andrologi Tepat Atasi Ejakulasi Dini

Peran vena pada skrotum untuk membantu mendinginkan darah sebelum dialirkan ke arteri testis, yang memasok darah testis. Sebab, jika testis terlalu panas maka sperma yang tidak sehat tidak dapat diproduksi.

Nah, pembengkakan pembuluh darah pada testis ini memicu suhu pada buah zakar panas sehingga dapat menghambat produksinya sperma. Bagi pria yang memiliki varikokel maka makan mengalami pembengkakan serta kelembutan pada skrotum.

Apakah Varikokel Memengaruhi Kesuburan Pria?

Agar pembuahan tercapai, dibutuhkan sperma yang sehat dan dapat berenang dengan lincah untuk mencapai sel telur. Oleh sebab itu, diperlukan air mani yang mengandung sperma dengan kualitas baik untuk meningkatkan keberhasilan peluang pembuahan.

Pasalnya, varikokel dapat menghambat proses produksi sperma. Hal ini lantaran pembengkakan pada vena bisa membuat suhu pada buah zakar meningkat. Peningkatan suhu pada testis bisa menyebabkan beberapa dampak, yakni proses produksi testosteron yang menurun.

Baca Juga : Motilitas Sperma Normal Bantu Pembuahan Optimal?

Hormon ini memiliki peran dalam produksi sperma sehingga jika kadarnya menurun juga akan memengaruhi jumlah sperma yang diproduksi serta menyebabkan cacat pada perkembangan sperma.

Sedangkan dampak lain dari suhu testis yang meningkat adalah dapat meningkatkan spesies oksigen reaktif yang dapat merusak DNA serta lapisan luar (membran) sperma.

Apa Penyebab Varikokel?

Varikokel disebabkan katup vena di skrotum yang rusak dan tidak dapat menutup dengan baik sehingga darah berkumpul pada katup yang rusak tersebut. Hingga kini belum diketahui pasti penyebab varikokel. Namun, darah yang menumpuk pada vena ini yang menyebabkan terjadinya pembengkakan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Testis, Organ Reproduksi Pria Paling Penting

Bagaimana Cara Mengobati Varikokel?

Pada dasarnya, pengobatan varikokel dilakukan berdasarkan kondisi masing-masing. Pada sebagian besar kasus, varikokel tidak membutuhkan pengobatan khusus. Rasa nyeri yang ditimbulkan varikokel biasanya diatasi dengan obat pereda nyeri seperti ibuprofen maupun paracetamol.

Namun, jika nyeri yang dialami terasa berlebihan sehingga dapat mengganggu kesuburan maka ada beberapa cara pengobatan varikokel yang disarankan oleh dokter:

1. Embolisasi

Prosedur pengobatan ini dilakukan dengan memasukkan selang yang berisi cairan melalui selangkangan untuk menjangkau varikokel.

2. Operasi

Prosedur pengobatan ini dilakukan untuk menjepit atau mengikat pembuluh darah yang mengalami varikokel untuk menghambat aliran darah ke pembuluh tersebut. Kondisi ini dapat membantu darah agar mengalir ke pembuluh darah normal lainnya.

Prosedur operasi ini dapat dilakukan dengan teknik minimal invasif maupun bedah terbuka. Pasca pemulihan pun, pasien disarankan untuk menghindari melakukan aktivitas berat serta melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter.

Apakah Varikokel Bisa Diobati Secara Alami?

Jika Ayah memiliki varikokel, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat arahan penanganan yang tepat. Pada dasarnya, untuk varikokel yang termasuk dalam kategori ringan maka dapat diatasi dengan observasi secara berkala sambil ditangani secara mandiri.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir varikokel, seperti:

  • Kenakan celana yang nyaman dan hindari msambilengenakan celana ketat
  • Menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Membatasi melakukan kegiatan berat

Itu dia Ayah metode pengobatan varikokel yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Perlu diingat, varikokel bisa memengaruhi kondisi fertilitas Ayah. Bagi Ayah Bunda yang merencanakan program hamil sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Shafi, H., et al. (2014). Prevalence of Varicocele among Primary and Secondary Infertile Men: Association with Occupation, Smoking and Drinking Alcohol. N Am J Med Sci. 2014 Oct; 6(10): 532–535. 
  • Enatsu, N., et al. (2014). Clinical Outcome of Microsurgical Varicocelectomy in Infertile Men With Severe Oligozoospermia. Urology, Volume 83, Issue 5, May 2014, Pages 1071-1074. 
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji