Berkah Program Bayi Tabung di Bulan Ramadhan

testimoni

In vitro fertilization (IVF) adalah istilah kedokteran yang diindonesikan menjadi program bayi tabung. IVF adalah salah satu jenis teknologi kehamilan berbantu yang dilakukan dengan mengombinasikan pemberian obat-obatan dan prosedur pembedahan untuk membantu sperma suami membuahi sel telur dan dilanjutkan dengan menanam sel telur tersebut ke dalam rahim istri.

Proses Pembuahan Program Bayi Tabung

Kehamilan terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi sperma itu tumbuh menjadi embrio. Sebagian pasien berhasil hamil langsung pada pertama IVF, sementara pasien lainnya membutuhkan lebih dari satu putaran IVF agar dapat hamil. IVF diselenggarakan melalui beberapa tahap. Diawali dengan pemberian obat-obatan tertentu yang perlu dikonsumsi istri guna memperbaiki atau menaikkan tingkat kesuburannya. Obat-obatan itu bekerja dengan membantu ovarium agar menghasilkan sel-sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi. Proses ini disebut induksi ovulasi. Seiring dengan pemberian obat-obatan tersebut, dokter bisa melakukan pemeriksaan USG atau tes darah rutin untuk mengukur kadar hormon dan melacak produksi sel telur Anda.

Setelah ovarium menghasilkan cukup banyak sel telur matang, dokter akan mengeluarkan sel telur dari tubuh istri. Pemetikan sel telur adalah prosedur bedah kecil yang dilakukan terhadap pasien dalam kondisi dibius. Dengan menggunakan ultrasound untuk melihat ke dalam organ reproduksi istri, dokter menempatkan instrumen khusus melalui vagina lalu masuk ke ovarium dan folikel. Sebuah jarum kecil dihubungkan ke alat pengisap yang dengan lembut menarik sel telur keluar dari setiap folikel.

Di laboratorium berlangsung proses inseminasi, yaitu dipertemukannya sel telur istri dengan sperma suami. Sel telur dan sperma itu itu kemudian diletakkan dalam sebuah wadah khusus dan di sanalah terjadi pembuahan. Pada suami dengan sperma yang memiliki motilitas (gerakan) lebih rendah, spermanya bisa saja disuntikkan langsung ke dalam sel telur untuk mendorong pembuahan. Sperma dalam sel telur yang telah dibuahi mengalami pembelahan dan menjadi embrio. Satu tim yang terdiri dari dokter, perawat, dan para pekerja laboratorium secara teratur memantau perkembangan embrio itu.

Beberapa hari kemudian, satu atau lebih embrio ditransfer ke dalam rahim istri. Caranya, dokter memasukkan selang tipis melalui serviks ke dalam rahim dan memasukkan embrio langsung ke dalam rahim melalui selang tersebut. Kehamilan terjadi jika salah satu embrio menempel di dalam lapisan rahim istri. Pasca transfer embrio, istri diminta untuk beristirahat selama beberapa waktu guna memaksimalkan proses tertanamnya embrio di dalam rahimnya. Istri dapat kembali menjalani aktivitas normal keesokan harinya. Dokter juga dapat memberikan pil atau suntikan hormon progesteron setiap hari selama delapan hingga sepuluh pekan pertama setelah transfer embrio. Progesteron akan memperkuat embrio untuk bertahan hidup di rahim.

Baca Juga: Peluang Kesuksesan Bayi Tabung Melalui Prosedur LAH

Sebagaimana metode pengobatan dan prosedur medis lainnya, pasien yang menjalani IVF bisa saja mengalami efek samping. Antara lain, kembung, kram, nyeri payudara, perubahan suasana hati, sakit kepala, dan reaksi alergi. Komunikasi yang hangat antara pasien dan dokter akan sangat membantu pasien dalam mengantisipasi segala bentuk efek samping yang mungkin muncul.

Hingga kini, IVF dikenal luas sebagai metode terdepan untuk mengatasi infertilitas. Secara umum terdapat dua jenis infertilitas, yakni infertilitas primer dan infertilitas sekunder. Infertillitas primer mengacu pada pasutri yang belum hamil setelah setidaknya satu tahun teratur melakukan hubungan intim tanpa memakai alat kontrasepsi. Infertilitas sekunder menunjuk pada pasutri yang pernah hamil (setidaknya satu kali) namun terkendala untuk hamil lagi.

suami istri

Faktor Infertilitas Pada Suami dan Istri

Infertilitas dapat dialami oleh istri, suami, atau pun keduanya. Infertilitas disebabkan oleh faktor majemuk, baik fisik maupun emosi. Infertilitas wanita ditandai oleh sejumlah kondisi. Misalnya, ketika embrio (sel telur yang telah dibuahi suami) tidak dapat bertahan hidup setelah menempel pada lapisan rahim. Juga, ketika sel telur yang telah dibuahi tidak menempel pada lapisan rahim. Penanda lainnya adalah telur tidak bisa berpindah dari ovarium ke rahim. Bisa pula ovarium yang mengalami masalah dalam memproduksi sel telur. Pada pria, infertilitas diindikasikan antara lain oleh problem pada kualitas sperma dan penyumbatan pada saluran yang menghambat aliran sperma.

Selain IVF, Pusat Fertilitas Bocah Indonesia (PFBI) juga menyediakan sekian banyak opsi lain yang dapat pasutri manfaatkan sebagai program kehamilan. Para dokter spesialis fertilitas di PFBI memiliki jam terbang tinggi dalam membantu pasutri untuk hamil melalui program intra-uterine insemination (IUI), terapi hormon bagi suami, dan pembedahan dengan sayatan kecil. Pada IUI, dokter meletakkan sperma secara langsung di rahim istri pada waktu istri tengah berovulasi. Untuk proses tersebut, dokter dapat menggunakan sperma segar suami yang diambil sesaat sebelum berlangsungnya IUI maupun memanfaatkan sperma suami yang telah dibekukan di bank sperma PFBI.

Terapi hormon dapat diberikan kepada suami yang mengalami ketidakseimbangan hormon. Dalam program terapi ini, dokter memberikan hormon protein tertentu utamanya untuk mengatasi infertilitas pria yang ditandai oleh ketidaknormalan jumlah sperma dan abnormalitas gerakan sperma.

Satu lagi, pembedahan. Terapi yang satu ini dilakukan ketika pada istri diketahui adanya infeksi atau pembengkakan yang mengakibatkan parut (bekas luka). Istri dengan masalah fibroid, endometriosis, serta kondisi-kondisi terkait saluran tuba dan saluran kemih lainnya juga termasuk dalam kategori pasien yang dapat dipertimbangkan untuk menjalani pembedahan. Sementara pada pria, varises testis (varicocele) merupakan salah satu faktor infertitilas pria yang dapat diatasi dengan pembedahan. Di PFBI, pembedahan dilakukan dengan prosedur laparoskopi. Dengan prosedur ini, dokter hanya perlu membuat sayatan kecil di dinding perut pasien. Memanfaatkan teknologi canggih di bidang pembedahan, laparoskopi dilakukan dengan alat berupa tabung berukuran sangat kecil yang dilengkapi dengan kamera dan senter di ujungnya.

Baca Juga: Rekomendasi program hamil saat puasa.

Tentu saja, sebagai pusat fertilitas dengan layanan komprehensif, PFBI juga menyediakan ahli gizi, ahli psikologi, guru yoga, dan dukungan perawat serta bidan yang berpengalaman khusus di bidang kehamilan berbantu. Sebagai terapi untuk mengatasi infertilitas, IVF sesungguhnya membutuhkan tidak sebatas kesiapan fisik tapi juga ketangguhan psikis. Bahkan tidak hanya istri. Suami dan keluarga pun perlu melibatkan diri mereka secara positif bagi terciptanya kondisi emosional yang dibutuhkan selama berlangsungnya program IVF. Studi menunjukkan, sejumlah pasien juga berjuang melawan gejolak psikis selama berlangsungnya IVF. Pada kondisi sedemikian rupa, adanya jejaring pertemanan dengan sesama pasien IVF bisa sangat membantu untuk bertukar informasi dan menguatkan batin satu sama lain. Komunitas daring dan pertemuan tatap muka yang diadakan Pusat Fertilitas Bocah Indonesia juga merupakan forum yang baik bagi pasutri untuk dapat lebih memahami langkah-langkah pemeliharaan kehamilan yang perlu pasutri lakukan. Termasuk di dalamnya adalah edukasi tentang pola makan seimbang, olah raga, dan kebiasaan-kebiasaan sehat yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan janin namun juga menenteramkan pasutri. Konselor psikologi juga disediakan berdasarkan permintaan pasien.

Semua itu dihadirkan dalam rangka memaksimalkan peluang bagi pasutri untuk hamil.

“Detak jantung si kecil menjadi suara paling indah ditelinga keduanya saat akhirnya penantian delapan tahun terjawab sudah.” -Bunda Yunita Eka & Ayah Mukti Ali

Berkah Ramadhan Bersama Bocah Indonesia

Di bulan Ramadhan ini, Pusat Fertilitas Bocah Indonesia (PFBI) mengadakan program khusus bernama Berkah IVF. Program ini terinspirasi oleh keistimewaan bulan suci, bulan ketika doa dan kebaikan manusia memperoleh balasan lebih besar lagi dari Tuhan yang Maha Suci. Mengikuti program Berkah IVF selama bulan ini akan menjadikan ayah bunda sebagai pasien dengan perlakuan lebih istimewa daripada di bulan-bulan lainnya. Pusat Fertilitas Bocah Indonesia menawarkan voucher gratis untuk tindakan LAH sebesar Rp 2.500.000,- untuk Ayah Bunda yang akan mendaftarkan program Bayi Tabung pada  bulan Ramadhan ini.

Yuk cari tau lebih lengkap mengenai promo Berkah IVF ini di Pusat Fertilitas Bocah Indonesia.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi