Banyak Micin Kurangi Hasrat Ingin Main?

Banyak Micin Kurangi Hasrat Ingin Main

Ayah Bunda gemar mengonsumsi camilan gurih mengandung micin? Hati-hati, mengonsumsi berlebihan bisa memengaruhi kesuburan.

Micin atau monosodium glutamate (MSG) adalah salah satu penyedap rasa yang digunakan pada makanan untuk menambah cita rasa. Biasanya, digunakan untuk makanan ringan bahkan makanan yang dijual gerobakan.

Hal ini tentu menambah cita rasa yang nikmat jika dikonsumsi. Sayangnya, mengonsumsi secara berlebihan dapat memberikan dampak bagi kesehatan. Ayah Bunda tahu nggak sih, konsumsi micin bisa memengaruhi kesuburan?

Baca juga: 7 Minuman yang Dapat Meningkatkan Gairah Seksual

Pengaruh Micin pada Hasrat Seksual dan Kesuburan

Meski nikmat untuk dikonsumsi, nyatanya MSG bisa memengaruhi libido atau gairah seksual. Menurut para ahli, micin atau MSG sering dikaitkan dengan depresi serta gangguan kesehatan. Pasalnya, depresi bisa memengaruhi gairah seksual seseorang.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Biasanya, micin ditemukan pada makanan yang dijual kaki lima, makanan siap saji, hingga makanan restoran.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Toxics menyebutkan jika micin atau MSG dapat meningkatkan produksi radikal bebas sehingga menyebabkan perokdasi lipid atau disfungsi membran sperma, kerusakan DNA sperma, dan gangguan pergerakan sperma. Kondisi tersebut tentu bisa mengganggu kesuburan pria.

Selain itu, sejumlah penelitian lain yang dilakukan pada berbagai jenis hewan baru lahir yang diberikan MSG dengan dosis tinggi menyebutkan jika MSG dapat menyebabkan lesi pada struktur saraf dan retina.

Ketika hewan-hewan tersebut beranjak dewasa, dampak lain menunjukkan adanya gangguan neurodokrin, pertumbuhan yang terhambat, berat badan berlebihan (obesitas), hingga menyebabkan masalah infertilitas.

Meski hingga saat ini belum ada bukti klinis yang ditujukkan oleh manusia bahwa MSG dapat ganggu kesuburan namun di sisi lain kinerja pankreas terangsang untuk memproduksi insulin secara berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan hormon tidak seimbang.

Pada dasarnya, MSG sendiri telah dimasukkan ke dalam bahan makanan yang aman menurut Food and Drug Administration (FDA). Namun, hingga kini penggunaannya masih kontroversial.

Jika Bunda sering mengonsumsi makanan yang mengandung MSG berlebihan, sebaiknya hati-hati. Sebab mengonsumsi MSG berlebihan dapat menyebabkan berat badan berlebihan (obesitas). Kondisi ini menyebabkan gangguan hormonal dan tentu akan memengaruhi kesuburan Bunda.

Banyak yang tidak sadar, nyatanya MSG memiliki beberapa nama berbeda yang tercantum pada kemasan makanan, seperti:

  • Corn oil
  • Hydrolyzed plant protein
  • Hydrolyzed protein
  • Hydrolyzed oat flour
  • Hydrolyzed vegetable protein
  • Sodium caseinate
  • Calcium caseinate
  • Autolyzed yeast
  • Yeast extract
  • Plant protein extract
  • Textured protein

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Membunuh Sperma di dalam Rahim?

Takaran Penggunaan Micin

Hingga kini, belum ada aturan pasti terkait takaran penggunaan MSG yang jelas dari lembaga pangan maupun organisasi kesehatan dunia (WHO). Sehingga banyak yang menyimpulkan jika MSG dapat digunakan sesuai dengan keperluan tanpa ada batasan maksimal.

Perlu diketahui, penggunaan MSG sebanyak 5 gram per hari bisa membuat seseorang merasakan gurih dalam tingkat yang maksimal. Maka dari itu, gunakan MSG sebijaknya sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI yang menganjurkan penggunaan MSG tidak berlebihan.

Namun, sebaiknya Bunda mengganti penyedap rasa MSG dengan penyedap rasa berbahan alami yang bisa didapatkan dari rempah-rempah atau bahan alami lainnya.

Nah, itu dia bahaya konsumsi micin berlebihan dapat memengaruhi kesuburan Ayah maupun Bunda. Meskipun tidak secara langsung namun jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama maka bisa berpengaruh pada kondisi fertilitas keduanya.

Jika Ayah Bunda sedang merencanakan program hamil, sebaiknya konsumsi makanan mengandung gizi seimbang dan yang tidak mengandung MSG. Ayah Bunda juga bisa melengkapinya dengan konsumsi suplemen sesuai kebutuhan, ya.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Kayode, O.T., et al. (2020). Monosodium Glutamate (MSG)-Induced Male Reproductive Dysfunction: A Mini Review. Toxics. 2020 Mar; 8(1): 7. 
  • Zanfirescu, A., et al. (2019). A review of the alleged health hazards of monosodium glutamate. Compr Rev Food Sci Food Saf. 2019 Jul;18(4):1111-1134. 
  • Eweka, AO. (2011). Histological Studies of the Effects of Monosodium Glutamate on the Ovaries of Adult Wistar Rats. Ann Med Health Sci Res. 2011 Jan-Jun; 1(1): 37–43. 
  • Ali, A.A., et al. (2014). Effect of monosodium glutamate on the ovaries of adult female albino rats and the possible protective role of green tea. Menoufia Med J 2014;27:793-800.
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji