Mandul atau Infertilitas, Apa Bedanya?

apa itu mandul

Mandul merupakan kondisi dimana pasangan tidak dapat memiliki keturunan. Meski memiliki makna yang hampir sama dengan infertilitas, nyatanya mandul dan infertilitas berbeda.

Bagi orang awam mungkin menganggap jika mandul dan infertilitas merupakan istilah yang sama untuk menggambarkan pasangan suami istri yang sulit memiliki keturunan. Banyak pasangan yang didiagnosa kondisi ini menjadi putus asa mengingat sulit untuk mendapatkan buah hati. Meski begitu, mandul dan infertilitas memiliki perbedaan. Simak penjelasannya berikut.

Apa Itu Mandul?

Mandul adalah kondisi di mana Anda tidak dapat memiliki keturunan anak meski sudah melakukan hubungan intim. Kondisi ini terjadi ketika pasangan suami istri baik salah satu maupun keduanya mengalami kondisi steril dan tidak dapat memiliki anak sama sekali.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, meski memiliki makna yang hampir sama, nyatanya mandul dan infertilitas berbeda.

Istilah mandul memang sering diungkapkan oleh orang-orang awam terkait kondisi pasangan suami istri yang sulit hamil namun menurut istilah medis kondisi ini disebut sebagai infertilitas.

Perbedaan Mandul dan Infertilitas

Mandul dan infertilitas sama-sama memiliki makna mengenai kondisi gangguan kesuburan.

Mandul merupakan kondisi di mana seseorang dalam keadaan benar-benar steril dan tidak dapat memiliki keturunan sama sekali.

Sedangkan infertilitas merupakan kondisi di mana pasangan suami istri yang belum mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan intim selama 1 tahun tanpa alat kontrasepsi.

Meski begitu, keduanya memiliki makna yang sama yakni gangguan kesuburan. Namun, pasangan yang memiliki masalah infertilitas masih memiliki peluang kehamilan jika penyebab infertilitas tersebut diatasi.

Menurut dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, dokter spesialis kandungan dan kebidanan Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, mengungkapkan jika mandul dan infertilitas memiliki makna tentang gangguan kesuburan.

“Mandul merupakan kondisi di mana pasangan suami istri tidak dapat mendapatkan kehamilan sama sekali,” ujar dr. Thomas Chayadi, Sp.OG.

“Sedangkan infertilitas merupakan kondisi pasangan suami istri masih memiliki peluang hamil jika gangguan kesuburan tersebut diatasi dengan baik,” lanjutnya.

Sulit memiliki anak

Tahapan Bayi Tabung di Bocah Indonesia

Jika Ayah Bunda merencanakan program hamil bayi tabung (IVF), Bocah Indonesia memiliki tahapan program hamil bayi tabung yang bisa Ayah Bunda pelajari.

Apa Penyebab Seseorang Tidak Subur?

Gangguan kesuburan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Hal ini juga bisa dialami oleh pria maupun wanita. Penyebabnya antara wanita maupun pria tentu berbeda.

Penyebab perempuan tidak subur

  • Gangguan ovulasi. Masalah gangguan ovulasi yang biasa dialami oleh wanita di antaranya sindrom ovarium polikistik (PCOS), hipertiroid, hipotiroid, dan hiperprolaktinemia.
  • Endometriosis.
  • Adhesi panggul.
  • Kelainan pada uterus atau leher rahim, seperti polip, fibroid pada rahim, atau kelainan pada bentuk rahim.
  • Kanker dan pengobatannya.

Penyebab tidak subur pada laki-laki

  • Kelainan pada produksi atau fungsi sperma.
  • Masalah pada pengeluaran sperma yang disebabkan masalah seksual.
  • Faktor lingkungan yang disebabkan paparan pestisida, radiasi, merokok, alkohol, hingga penggunaan obat-obat tertentu.
  • Kanker dan pengobatannya.

Kriteria Kesuburan pada Wanita

Kesuburan menjadi salah satu masalah yang cukup penting terutama bagi pasangan yang merencanakan untuk memiliki keturunan. Kondisi kesuburan seorang wanita ditandai dengan organ reproduksi yang sehat.

Organ reproduksi yang sehat merupakan kondisi di mana tidak ada masalah yang dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Hal ini dibuktikan jika indung telur atau ovarium mampu melepaskan sel telur setiap bulannya serta organ reproduksi yang bebas dari masalah atau kelainan yang dapat menyebabkan susah hamil.

Kriteria Kesuburan pada Pria

Sama seperti wanita, kriteria kesuburan pada pria ditandai dengan organ reproduksi yang sehat. Seorang pria dapat dikatakan subur ketika kemampuan testis dalam memproduksi sperma yang sehat dan dalam jumlah yang cukup.

Sama seperti wanita, kriteria kesuburan pada pria ditandai dengan kondisi organ reproduksi tidak memiliki masalah yang dapat mengganggu kesuburan.

Tahapan Bayi Tabung di Bocah Indonesia

Jika Ayah Bunda merencanakan program hamil bayi tabung (IVF), Bocah Indonesia memiliki tahapan program hamil bayi tabung yang bisa Ayah Bunda pelajari.

Tips untuk Mengatasi Infertilitas

Kondisi infertilitas memang tidak dapat dicegah namun Anda bisa meminimalisir kondisi tersebut. Ketika Anda dan pasangan berencana untuk memiliki keturunan maka tentu ada beberapa perubahan yang Anda lalui. Berikut beberapa tips untuk meminimalisir gangguan kesuburan.

  • Hindari kebiasaan merokok.
  • Hindari mengonsumsi alkohol.
  • Hindari paparan racun di lingkungan.
  • Menjaga pola hidup sehat.
  • Olahraga teratur.
  • Waktu tidur yang cukup.
  • Kelola stres.
  • Rutin melakukan kondisi kesuburan ke dokter.

Kesimpulan

Mandul dan infertilitas memiliki makna yang sama yakni merupakan gangguan kesuburan. Meski keduanya memiliki perbedaan, infertilitas merupakan istilah medis dari mandul. Bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, pastikan untuk menjalani pola hidup yang sehat, konsumsi makanan bergizi, melakukan olahraga teratur, memiliki waktu tidur yang cukup, dan kelola stres yang baik.

Berencana melakukan program hamil? Segera lakukan pemeriksaan mengenai kondisi kesuburan Anda untuk meningkatkan peluang kehamilan.

cheer

Jika Anda membutuhkan diagnosa mengenai kondisi kesuburan, kami menyediakan layanan pemeriksaan kesuburan untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah ini, tim kami akan menghubungi Anda!

Masalah gangguan kesuburan bisa dialami oleh pasangan suami istri maka dari itu sebelum merencanakan program hamil, sebaiknya periksakan kesuburan dengan dokter!

  1. Babakhanzadeh, E., et al. Some of the Factors Involved in Male Infertility: A Prospective Review. Int J Gen Med. 2020 Feb 5;13: 29-41. 
  2. Borght, M. V., Wyns, C. 2018. Fertility and infertility: Definition and epidemiology. Clin Biochem. 2018 Dec;62: 2-10. 
  3. Walker, M., Tobler, K. J. 2022. Female Infertility. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan. 
  4. /Carson, S. A., Kallen, A. N. 2021. Diagnosis and Management of Infertility A Review. JAMA. 2021;326(1):65-76.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

One Response

  1. Great post! Thank you for sharing. Yuk lihat usg dari hape dan gabung bersama komunitas ibu hamil lainnya di aplikasi BukuBumil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime