Antara Rahim Kering dan Khawatir Efek Samping

Antara Rahim Kering dan Khawatir Efek Samping

Konon kondisi rahim kering merupakan salah satu penyebab wanita sulit hamil. Lantas, seperti apa kondisi rahim kering di dalam dunia medis? Cari jawabannya di sini. 

Rahim atau kandungan menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya janin selama masa kehamilan.. Beberapa kondisi kesehatan dapat memengaruhi rahim wanita, salah satunya rahim kering yang dapat membuat wanita sulit hamil. 

Kondisi rahim kering atau kekeringan rahim diyakini sebagai kondisi di mana rahim tidak menghasilkan cukup lendir yang diperlukan untuk mendukung proses pembuahan dan kehamilan. Lantas, seperti apa sebenarnya kondisi rahim kering?

Tidak Ada Istilah Kondisi Rahim Kering

Mengutip dari beberapa sumber, tidak ada istilah rahim kering dalam dunia medis. Namun, dalam masyarakat sering kali istilah rahim kering digunakan untuk kondisi infertilitas atau kemandulan, atau juga sebagai tanda menopauKeputihan yang tidak normalse.

Infertilitas pada wanita merupakan salah satu penyebab sulitnya pasangan untuk memiliki keturunan. Seorang wanita dapat dikatakan mengalami infertilitas jika ia tidak kunjung hamil meskipun sudah rutin berhubungan seks tanpa pengaman atau sudah menjalani program kehamilan selama 1 tahun atau lebih.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Kondisi infertilitas ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

  1.  Gangguan ovulasi
  2.  Gangguan keseimbangan hormon
  3.  Anatomi rahim yang abnormal
  4.  Masalah pada rahim dan saluran indung telur akibat infeksi dan peradangan.

Berdasarkan Center for Disease Control and Prevention (CDC) beberapa gejala penyakit rahim meliputi:

  • Periode tidak teratur
  • Keputihan yang tidak normal (kental, berwarna hijau atau pekat, memiliki bau yang tidak sedap)
  • Nyeri panggul atau ketidaknyamanan
  • Nyeri punggung bawah
  • Kesulitan buang air kecil
  • Sulit hamil 

Beberapa Masalah Rahim Wanita yang Membuat Sulit Hamil

Berikut beberapa masalah pada rahim yang dapat menyebabkan wanita sulit hamil dan harus segera mendapatkan penanganan medis segera mungkin.

Luka Bekas Operasi

Operasi panggul dapat menyebabkan kerusakan dan luka pada saluran tuba, yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Operasi serviks juga kadang-kadang dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut atau memperpendek leher rahim (serviks).

Masalah di Lendir Serviks

Saat Anda mengalami ovulasi, lendir di leher rahim menjadi lebih tipis sehingga sperma dapat bergerak melewatinya dengan lebih mudah. Jika terdapat masalah dengan lendir tersebut, hal ini dapat menyulitkan pembuahan.

Mioma

Tumbuhnya jaringan non-kanker yang disebut mioma di dalam atau di sekitar rahim dapat mempengaruhi kesuburan. Dalam beberapa kasus, mioma dapat mencegah sel telur yang telah dibuahi menempel pada rahim, atau bahkan dapat menyumbat saluran tuba.

Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi di mana fragmen-fragmen kecil lapisan rahim (endometrium) mulai tumbuh di tempat lain, seperti ovarium. Hal ini dapat merusak ovarium atau saluran tuba dan menyebabkan masalah kesuburan.

Baca Juga : Apakah Endometriosis Bisa Sembuh? Begini Cara Mengobatinya

Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul adalah infeksi pada saluran genital wanita bagian atas, yang meliputi rahim, saluran tuba, dan ovarium. Biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Penyakit radang panggul dapat menyebabkan kerusakan dan luka pada saluran tuba, sehingga sulit bagi sel telur untuk mencapai rahim.

Efek Samping Penggunaan Obat Tertentu

Efek samping dari beberapa jenis obat dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Hal ini termasuk:

  • Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan dalam jangka panjang atau dosis tinggi, seperti ibuprofen atau aspirin, dapat membuat lebih sulit untuk hamil. 
  • Obat yang digunakan dalam kemoterapi kadang-kadang dapat menyebabkan kegagalan ovarium, yang berarti ovarium Anda tidak akan lagi berfungsi dengan baik. 
  • Obat neuroleptik, obat antipsikotik yang sering digunakan untuk mengobati psikosis dapat menyebabkan menstruasi terlewat atau infertilitas. 
  • Spironolakton adalah jenis obat yang digunakan untuk mengobati retensi cairan (edema). Kesuburan seharusnya pulih sekitar 2 bulan setelah Anda berhenti mengonsumsi spironolakton. 
  • Obat-obatan ilegal, seperti ganja dan kokain, dapat secara serius memengaruhi kesuburan dan membuat ovulasi menjadi lebih sulit.

Masih ada faktor-faktor lain yang juga dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil, infertilitas juga dapat terjadi pada pria. Jadi, untuk dapat memastikan penyebab seseorang sulit untuk mendapat momongan perlu adanya pemeriksaan oleh dokter.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Medline Plus. Diakses 2023. Uterine Diseases
    https://medlineplus.gov/uterinediseases.html
  • Mayo Clinic. Diakses 2023. Uterine fibroids
    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/uterine-fibroids/symptoms-causes/syc-20354288
  • Very Well. Diakses 2023. Common Conditions That Can Affect the Uterus
    https://www.verywellhealth.com/common-uterine-conditions-3521135
  • WebMD. Diakses 2023. Cervicitis
    https://www.webmd.com/women/cervicitis#1
  • National Health Service. Diakses 2023. Cause Infertility
    https://www.nhs.uk/conditions/infertility/causes/
  • Center for Disease Control and Prevention. Diakses 2023. Common Reproductive Health Concerns for Women
    https://www.cdc.gov/reproductivehealth/womensrh/healthconcerns.html
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji