Alpukat, Buah Nikmat Kaya Manfaat

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil

Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat penting bagi ibu hamil. Yuk, Bunda cari tahu manfaat baik dari alpukat berikut ini.

Selama masa kehamilan, asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta kesehatan ibu hamil. Alpukat adalah salah satu pilihan makanan yang sangat baik untuk dipertimbangkan karena kandungan gizinya yang beragam.

Mengandung serat, lemak sehat, vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan, berikut adalah beberapa manfaat alpukat yang bermanfaat bagi Bunda dan sang buah hati, baik jika dikonsumsi selama trimester pertama atau pun selama masa kehamilan.

Baca juga: 5 Buah untuk Promil yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Alpukat merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk magnesium, kalium, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Informasi gizi berikut ini adalah kandungan alpukat menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (United States Department of Agriculture).

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Kandungan Alpukat (100 gram)

Kalori

160

Lemak

14,7 gram

Natrium

7 gram

Karbohidrat

8,5 gram

Serat

6,7 gram

Gula

0,7 gram

Protein

2 gram

Magnesium

29 miligram

Kalium

485 miligram

Vitamin C

10 miligram

Vitamin E

2,1 miligram

Vitamin K

21 mikrogram

Manfaat Kandungan Alpukat untuk Ibu Hamil

Alpukat, juga dikenal sebagai avokad, merupakan buah yang tumbuh dari tanaman dengan nama ilmiah Persea americana. Tanaman ini asalnya berasal dari bagian selatan Meksiko. Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil trimester pertama.

1. Alpukat Kaya Akan Serat

Serat sangat penting untuk kesehatan optimal selama kehamilan. Bahkan, serat sangat diperlukan untuk mendukung gerakan usus yang sehat. Bahkan, dalam jurnal Food Science and Nutrition, mengonsumsi makanan kaya serat seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklampsia.

Pada beberapa kondisi tertentu, sejumlah ibu hamil mengalami defisit asupan serat yang memadai. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi setengah buah alpukat (100 gram) yang menyediakan hampir 7 gram serat, mencapai sekitar seperempat dari jumlah harian minimal yang direkomendasikan, yaitu 28 gram serat, selama masa kehamilan.

2. Mencegah Insomnia saat Hamil

Beberapa orang takut mengonsumsi alpukat karena mengandung lemak, namun perlu diketahui bahwa kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak sehat dan bukan lemak jenuh!

Kandungan lemak sehat sangat penting selama kehamilan. Lemak sehat tidak  

Dikutip dalam Journal of The American Heart Association kandungan lemak sehat dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, dan membantu menjaga kenyang di antara waktu makan.

Lebih lanjut lagi, asupan tinggi makanan kaya lemak tak jenuh tunggal seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuatnya dapat mencegah insomnia pada ibu hamil.

3. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Alpukat dapat membantu Bunda mencapai kebutuhan nutrisi selama hamil. Selain protein dan total kalori, kebutuhan akan beberapa vitamin dan mineral tertentu meningkat selama kehamilan. Sebagai contoh, ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan asam folat, magnesium, dan vitamin C dibandingkan dengan mereka yang tidak sedang hamil.

Alpukat adalah sumber konsentrat dari banyak nutrisi yang diperlukan dalam jumlah tinggi selama proses kehamilan, termasuk kaya akan vitamin C, asam folat, dan magnesium. 

Kebutuhan akan asam folat meningkat secara signifikan selama kehamilan karena peran penting nutrisi ini dalam perkembangan janin. Konsumsi sejumlah 100 gram alpukat atau setengah dapat memenuhi sekitar 14 persen dari kebutuhan asam folat harian Bunda selama proses kehamilan.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi untuk Promil 

4. Membantu Menjaga Tekanan Darah yang Sehat

Buah alpukat adalah sumber yang kaya akan magnesium dan kalium, nutrisi ini sangat penting untuk proses aliran tekanan darah yang sehat. Selama kehamilan, mengonsumsi makanan kaya kalium seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan hipertensi gestasional.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam National Library of Medicine, mengevaluasi pada 263 wanita hamil menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 250 hingga 300 miligram (mg) kalium lebih per hari memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Alpukat adalah sumber kalium yang konsentrat. Hanya setengah buah alpukat (100 gram) mengandung 485 mg kalium. Alpukat juga kaya akan magnesium, mineral yang penting untuk regulasi tekanan darah.

5. Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa bermanfaat yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan dapat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Buah alpukat kaya akan antioksidan, khususnya karotenoid lutein. Lutein memiliki sifat zat antioksidan yang kuat dan penting sekali untuk perkembangan mata dan fungsi otak bayi.

Karena lutein merupakan senyawa yang larut dalam lemak dan penyerapannya lebih efisien dari alpukat dibandingkan dengan buah-buahan atau sayuran lain yang mengandung lutein dengan kadar lemak rendah. 

Selain lutein, alpukat juga mengandung berbagai antioksidan lainnya, termasuk:

  • Zeaksantin 
  • Beta karoten 
  • Vitamin C 

Antioksidan karotenoid termasuk beta-karoten, lutein, dan zeaksantin terdapat dalam ASI. Kadar mereka bergantung langsung pada asupan ibu. Mengonsumsi lebih banyak alpukat selama menyusui dapat membantu meningkatkan kandungan karotenoid dalam ASI, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

6. Camilan Sehat Penunda Lapar

Ketika sedang hamil, memberikan nutrisi yang tepat kepada tubuh menjadi sangat penting agar Bunda dan calon bayi tetap sehat. Ketika merasakan lapar, memilih makanan atau camilan yang sehat selama hamil adalah hal yang penting.  

Untuk itu, mengonsumsi alpukat untuk camilan disela waktu makan adalah hal yang tepat. Tidak hanya sehat, namun alpukat juga dapat membuat Bunda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah makan berlebihan selama hamil. 

Alpukat kaya serat dan lemak sehat, nutrisi yang sudah terbukti membantu meningkatkan perasaan kenyang. Mengonsumsi alpukat juga dapat membantu menjaga energi Bunda sepanjang hari serta membantu menjaga berat badan yang sehat, hal ini tentu sangat penting bagi kesehatan Bunda dan juga kesehatan bayi.

7. Menjaga Gula Darah Sehat Selama Kehamilan

Menjaga gula darah dan lemak darah pada tingkat optimal dapat membantu Bunda memiliki kehamilan yang sehat dan aman. Mengonsumsi buah alpukat dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu, mengatur kadar gula darah, dan mengurangi terjadinya risiko komplikasi kehamilan.

Alpukat rendah karbohidrat dan kaya akan serat serta lemak sehat, menjadikannya pilihan yang baik bagi ibu hamil dengan riwayat kadar gula darah tinggi atau diabetes.

Baca juga: Terbukti Ampuh! 6 Buah Penghilang Mual Saat Hamil yang Wajib Anda Coba 

Mengonsumsi alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan pada orang dengan kadar gula darah tinggi. Selain itu, alpukat juga dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) yang melindungi jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan mempromosikan kesehatan keseluruhan selama kehamilan.

Kesimpulannya buah alpukat merupakan pilihan yang sangat baik untuk Bunda. Tidak hanya kaya nutrisi, tetapi alpukat juga memiliki rasa lezat dan mengenyangkan. Selain itu, mengonsumsi buah alpukat selama kehamilan dapat memberikan manfaat kesehatan baik bagi ibu maupun bayi yang dikandung.

Tidak hanya pada saat kehamilan, alpukat juga baik untuk Bunda yang sedang merencanakan atau menjalani program hamil karena dapat membantu meningkatkan fertilitas atau kesuburan Bunda.

Mau dapat informasi dan edukasi seputar program hamil? Jangan lupa untuk nyalain notifikasi Ayah Bunda biar terus update, ya!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE. Avocado, raw. Diakses 2023 https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/786651/nutrients

  • Bennett CJ, et al. Monounsaturated fat intake is associated with improved sleep quality in pregnancy. Diakses 2023.  https://doi.org/10.1016/j.midw.2019.07.019

  • Comerford KB, et al. The role of avocados in maternal diets during the periconceptional period, pregnancy, and lactation. Diakses 2023.  https://www.mdpi.com/2072-6643/8/5/313/htm

  • Han H, et al. Dose-response relationship between dietary magnesium intake, serum magnesium concentration and risk of hypertension: A systematic review and meta-analysis of prospective cohort studies. Diakses 2023.  https://dx.doi.org/10.1186%2Fs12937-017-0247-4

  • Hervik AK, et al. The role of fiber in energy balance.Diakses 2023.  https://dx.doi.org/10.1155%2F2019%2F4983657

  • Heskey C, et al. Avocado intake, and longitudinal weight and body mass index changes in an adult cohort. Diakses 2023.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6471050/

Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji