Metformin pada Wanita PCOS Atasi Resistensi Insulin

Metformin pada Wanita PCOS Atasi Resistensi Insulin

Metformin merupakan salah satu jenis obat-obatan yang diresepkan untuk penderita PCOS. Simak selengkapnya terkait manfaat Metformin!

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan gangguan hormonal yang sering dialami wanita pada usia produktif. Obat yang diresepkan oleh dokter pun disesuaikan dengan gejalanya.

Kondisi ini terjadi ketika wanita yang berada di usia subur mengalami gangguan hormon yakni kadar hormon androgen atau yang biasa disebut hormon pria meningkat pada wanita. Hal ini menyebabkan siklus menstruasi wanita menjadi tidak teratur.

Selain itu, wanita yang penderita PCOS juga mengalami pertumbuhan rambut yang berlebih serta munculnya banyak kista pada indung telur (ovarium). Penanganan PCOS pun tentu disesuaikan dengan penyebab, gejala, hingga tingkat keparahannya.

Biasanya, obat-obatan yang diberikan untuk mengatasi gangguan hormon yang menyebabkan kondisi PCOS. Lantas, apa alasan penderita PCOS diberi metformin?

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Baca juga: Perlu Dicatat! Pantangan Makanan untuk Penderita PCOS 

Alasan Penderita PCOS Diberi Metformin

Salah satu jenis obat yang diresepkan untuk penderita PCOS adalah metformin. Obat ini biasanya diperuntukkan sebagai obat diabetes. Pasalnya, wanita yang menderita PCOS, rentan mengalami diabetes yang disebabkan oleh resistensi insulin,

Nah, salah satu peran metformin adalah mengurangi resistensi insulin yang menyebabkan masalah kesuburan. Metformin dapat mengatasi berbagai gejala yang umumnya dialami oleh penderita gangguan hormon ini, seperti:

  • Mengatur siklus menstruasi
  • Meningkatkan ovulasi
  • Mengurangi risiko diabetes gestasional
  • Mengurangi gejala hirsutisme seperti pertumbuhan rambut dan jerawat berlebih

Umumnya, dosis metformin yang perlu dikonsumsi oleh wanita PCOS adalah 1.500 – 2.000 mg per hari. Namun, Bunda perlu tahu bahwa dosis ini harus berdasarkan resep dari dokter, ya.

Menurut dr. Febriyan Nicolas, Sp.OG, M.Kes, dokter spesialis obstetri dan ginekologi Bocah Indonesia, menyebutkan jika wanita yang mengalami PCOS tidak hanya yang memiliki berat badan berlebih namun juga wanita kurus.

PCOS ada yang tipe gemuk dan kurus. Biasanya pada tipe yang kurus bisa disebabkan karena keturunan yang secara genetik dapat menyebabkan resistensi insulin, internal fat yang tebal, atau bisa juga disebabkan akibat malnutrisi sehingga terjadi hambatan perkembangan sel telur,” ujar dr. Nico.

Cara Mengatasi dan Penanganan PCOS

Metformin hanyalah salah satu dari jenis obat-obatan yang diresepkan dokter untuk penderita PCOS. Pada dasarnya, pengobatan PCOS bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

  • Terapi hormon. Pengobatan ini dilakukan untuk membantu menstruasi menjadi lebih teratur dan membantu ovulasi.
  • Konsumsi obat. Beberapa jenis obat-obatan yang diresepkan oleh dokter bermanfaat untuk mengobati resistensi insulin yang rentan dialami oleh wanita penderita PCOS.
  • Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Perbaiki pola hidup dengan menjaga pola makan sehat, olahraga teratur, dan berhenti merokok membantu mengatasi kondisi PCOS.

Baca juga: Apakah PCOS Juga Bisa Dialami Oleh Wanita Kurus? 

Peluang Hamil Wanita PCOS

Bagi Bunda yang mengalami PCOS jangan berkecil hati, Bunda tetap memiliki peluang kehamilan, lho. Perlu diingat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan peluang kehamilan, seperti:

  • Mengonsumsi makanan dengan asupan nutrisi lengkap seperti buah dan sayur
  • Jaga asupan protein harian
  • Olahraga teratur minimal 30 menit per hari
  • Istirahat yang cukup
  • Konsultasikan dengan dokter

Bunda, itu dia penjelasan terkait fungsi obat metformin yang diberikan kepada penderita PCOS. Namun, mengonsumsi jenis obat tersebut juga perlu resep dan dosis yang tepat dari dokter, ya. Oleh sebab itu, yuk segera periksakan kondisi kesuburan Ayah Bunda di klinik fertilitas terdekat untuk mewujudkan cepat hamil demi kehadiran buah hati.

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • National Health Service. Polycystic Ovary Syndrome. https://www.nhs.uk/conditions/polycystic-ovary-syndrome-pcos/treatment/
  • Hopkins Medicine. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/polycystic-ovary-syndrome-pcos
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji