5 Manfaat Vitamin B12 untuk Bumil

5 Manfaat Vitamin B12 untuk Bumil

Jaga kesehatan selama hamil itu penting. Yuk, Bunda perhatikan apakah asupan vitamin B12 sudah terpenuhi selama hamil? 

Masa kehamilan adalah waktu yang sangat penting untuk memastikan Bunda mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Salah satu vitamin esensial yang sangat penting selama kehamilan adalah Vitamin B12. 

Vitamin B12, yang juga dikenal sebagai cyanocobalamin adalah nutrisi penting bagi tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Konsumsi makanan kaya vitamin B12 dapat membantu tubuh dalam produksi energi dan mendukung fungsi optimal sistem saraf. 

Baca Juga: Diet Mediterania, Pola Makan Sehat untuk Promil Bayi Tabung

Manfaat Vitamin B12 pada Bumil

Ada beberapa manfaat vitamin B12 untuk Bunda selama kehamilan, berikut 5 manfaatnya:

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Mendukung pembentukan sel darah merah

Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah yang sehat diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke janin. 

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia yang bisa mengakibatkan kelelahan dan komplikasi selama kehamilan. Dengan asupan yang cukup, Bunda dapat membantu mencegah anemia dan memastikan kesehatan janin yang optimal.

2. Mendukung perkembangan sistem saraf janin

Vitamin B12 sangat penting untuk perkembangan sistem saraf janin. Cara kerja vitamin ini  bersama dengan asam folat untuk membantu pembentukan DNA dan sel-sel saraf. Kekurangan vitamin B12 selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelainan pada tabung saraf janin, seperti spina bifida. 

Dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin B12, Bunda membantu memastikan perkembangan sistem saraf janin yang sehat.

3. Meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan

Selama kehamilan, tubuh Bunda bekerja ekstra keras sehingga kebutuhan energi meningkat. Vitamin B12 membantu dalam metabolisme energi dengan memecah karbohidrat, lemak, dan protein sehingga menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh. 

Dengan asupan vitamin B12 yang cukup, Bunda dapat merasa lebih energik dan mengurangi kelelahan yang sering dialami selama kehamilan.

4. Mendukung fungsi kognitif dan kesehatan mental

Vitamin B12 juga penting untuk kesehatan mental dan fungsi kognitif Bunda selama kehamilan. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan masalah seperti depresi, kebingungan, dan masalah memori. 

Dengan asupan yang cukup, Bunda dapat menjaga kesehatan mental yang baik, sehingga sangat penting untuk kesejahteraan diri sendiri dan perkembangan janin.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kehamilan bisa membuat sistem kekebalan tubuh Bunda menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Vitamin B12 berperan dalam mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Dengan asupan yang cukup, Bunda dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri serta janin dari penyakit dan infeksi.

Baca Juga: Susu untuk Program Hamil Bisa Bikin Cepat Hamil?

Sumber Makanan Kaya Vitamin B12

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan vitamin B12 dan baik dikonsumsi selama kehamilan:

  • Daging sapi, ayam, dan domba merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik.
  • Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden.
  • Produk susu seperti keju, dan yogurt mengandung vitamin B12 yang penting untuk kesehatan.
  • Kuning telur.
  • Beberapa jenis sereal diperkaya dengan vitamin B12 dan dapat menjadi pilihan yang baik untuk sarapan.

Tips Memastikan Asupan Vitamin B12 yang Cukup

  • Rutin konsumsi sumber makanan vitamin B12, pastikan Bunda mengonsumsi makanan kaya vitamin B12 setiap hari.
  • Pertimbangkan suplemen jika Bunda vegetarian atau vegan, konsultasikan dengan dokter mengenai konsumsi suplemen vitamin B12.
  • Konsultasi dengan dokter, selalu diskusikan kebutuhan nutrisi dengan dokter untuk memastikan Bunda mendapatkan semua yang dibutuhkan selama kehamilan.

Peringatan Menggunakan Vitamin B12 untuk Bumil

Ayah Bunda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Bunda mengonsumsi suplemen vitamin B12 atau cyanocobalamin:

1. Alergi

Jangan mengonsumsi suplemen vitamin B12 jika Bunda memiliki alergi terhadap vitamin ini, cobalamin, atau cobalt. Jika ragu, beri tahu dokter tentang riwayat alergi Bunda sebelum minum suplemen ini.

2. Penyakit leber

Hindari konsumsi suplemen vitamin B12 jika Bunda menderita penyakit Leber. Hal ini berisiko menyebabkan kerusakan saraf mata hingga kebutaan.

3. Riwayat penyakit

Berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen vitamin B12 jika Bunda pernah atau sedang menderita anemia defisiensi besi, kekurangan kalium (hipokalemia), atau kekurangan asam folat.

4. Kondisi medis lain

Konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan suplemen vitamin B12 jika Bunda pernah atau sedang menderita penyakit ginjal, penyakit infeksi, penyakit liver, malabsorpsi, kanker, asam urat, atau kelainan darah, seperti polisitemia vera.

5. Interaksi dengan obat lain

Berkonsultasilah ke dokter sebelum menggunakan suplemen vitamin B12 bersama suplemen lain atau obat maupun produk herbal tertentu.

6. Reaksi alergi atau efek samping

Segera ke dokter bila Bunda mengalami reaksi alergi atau efek samping serius setelah menggunakan suplemen vitamin B12. 

Jika Bunda merasa kurang mendapatkan cukup vitamin B12 dan ingin menambah suplemen harian saat hamil, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Ayah Bunda, dengan memastikan asupan vitamin B12 yang cukup, Bunda dapat mendukung kesehatan diri sendiri dan perkembangan optimal janin. Mau dapat update seputar informasi program hamil dan lainnya? Yuk, subscribe YouTube Bocah Indonesia!

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019). Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/138621/permenkes-no-28-tahun-2019
  • Verywell Health (2022). Can You Have Too Much B12?
  • WebMD (2024). Vitamin B-12 – Uses, Side Effects, and More.
  • Mayo Clinic (2023). Vitamin B-12.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji